Berita 2017 Terupdate

Kartu ATM GPN Dilengkapi Teknologi CHIP untuk Menjamin Keamanan

Menurut Bank Indonesia yang biasa kita kenal dengan singkatan BI, kartu debit atau ATM dari GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) merupakan sebuah produk kartu debit yang terhubung dengan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun khususnya untuk transaksi nontunai. Dengan kehadiran GPN, interoperabilitas (saling terhubung) dan juga interkoneksi (saling dapat dioperasikan) akan dapat diwujudkan.

Keberadaan kartu ATM GPN tersebut tentu memberikan keuntungan bukan hanya bagi para nasabah pemilik kartu, namun juga berbagai merchant yang menerima pembayaran. Selain memberikan perlindungan transaksi, terdapat beberapa kelebihan kartu debit GPN lainnya yang perlu Anda ketahui:

kartu ATM

  • Memudahkan transaksi pembayaran

Kartu GPN dapat digunakan di seluruh kanal pembayaran mana pun. Nasabah bisa bertransaksi di mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sama walaupun kartu tersebut berasal dari bank yang berbeda.

  • Membuat transaksi lebih aman dan nyaman

Segala transaksi dengan kartu GPN bisa diproses di dalam negeri. Dengan demikian, informasi pribadi terkait transaksi terjamin keamanannya dari risiko peretasan. Bukan hanya itu, segala transaksi yang dilakukan juga akan terlindungi karena enkripsi end to end. Enkripsi berperan untuk pencegahan transaksi yang dapat mengalami risiko fraud.

  • Menghemat pengeluaran

Melakukan transaksi dengan menggunakan kartu GPN ini tidak dikenakan biaya tambahan karena penetapan Merchant Discount Rate (MDR). Biaya administrasi dan juga biaya transaksi antar bank lebih terjangkau. 

  • Aman dengan teknologi chip

Keuntungan lainnya dari kartu ini adalah sudah dilengkapi dengan teknologi chip yang digunakan untuk menyimpan informasi pemilik di dalamnya. Disamping itu, pengguna kartu dapat terhindar dari risiko pencurian data nasabah (skimming).

  • Tanpa transaksi minimum

Melalui kartu debit berlogo GPN, nasabah bisa melakukan transaksi berapapun atau tidak ada transaksi minimum.

  • Anggaran operasional bank berkurang

Bank bisa menekan biaya operasional dan juga investasi di teknologi ATM serta mesin EDC. Keuntungan yang diperoleh nasabah adalah biaya transfer, tarik tunai, dan juga komisi pembelian yang tadinya dibebankan dapat berkurang.

  • Pelaksanaan program Government to Person (G2P) oleh Pemerintah

Program tersebut dimaksudkan untuk menyalurkan bantuan sosial non tunai. Juga bisa melaksanakan Person to Government (P2G), misalnya elektronifikasi jalan tol dan juga transportasi menyeluruh.

Sebagai bentuk dukungan Bank Sinarmas untuk program Bank Indonesia dalam menciptakan sistem pembayaran yang interkoneksi dan juga interoperabilitas di wilayah Indonesia, Bank Sinarmas telah menerbitkan Kartu Debit yang memiliki logo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. 

Kartu Debit tersebut telah dilengkapi dengan teknologi chip, sehingga tingkat keamanan yang dimiliki lebih tinggi jika dibandingkan dengan kartu berteknologi magnetic stripe. Lantas  saja keuntungan mempunyai Kartu debit dan/atau Debit GPN dari Bank Sinarmas?

  • Aman

Kartu tersebut telah dilengkapi dengan teknologi CHIP yang menggunakan PIN 6 digit.

  • Nyaman

Bisa digunakan di seluruh mesin EDC bank apapun yang telah terhubung dalam GPN dimana transaksi belanja tersebut bisa dilakukan bebas biaya.

Anda bisa mendapatkan kartu ATM dan/atau Debit GPN Bank Sinarmas dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan. Untuk tahap awalnya, Kartu debit dan/atau Debit GPN telah tersedia di beberapa Kantor Cabang di Jakarta, kemudian akan dilakukan secara bertahap untuk Kantor Cabang lainnya. Nasabah bisa mendatangi Kantor Cabang terdekat dan juga melakukan pembukaan rekening atau penggantian kartu debit dan/atau Debit versi lama.