Berita 2017 Terupdate

Perhiasan Berlian Mahal? Ini Loh Penyebabnya!

Berlian merupakan jenis batuan namun ia termasuk ke dalam golongan batu mulia. Harga berlian sangat tinggi di pasaran jika dibandingkan dengan berbagai jenis batu mulia lainnya. Kolektor perhiasan berlian tidak heran dengan harganya yang selangit karena sebanding dengan keindahan dan pesona yang dipancarkan. Namun, untuk Anda yang awam dengan berlian tentu bertanya-tanya mengapa batu kecil tersebut bernilai ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Berlian

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terhadap harga berlian yang begitu mahal maka silahkan simak beberapa faktor dibawah ini. Hal ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ketika membeli perhiasan berlian terbaru nanti:

Karat

Faktor pertama yang menentukan harga berlian yaitu karat yang terdapat pada berlian tersebut. Karat merupakan standar satuan internasional untuk berlian. Jika dikonversi ke dalam gram maka 1 karat berlian setara dengan 0,2 gram. 

Harga 1 karat berlian dengan kualitas bagus bisa mencapai puluhan juta atau bahkan menyentuh angka ratusan juta rupiah. Dengan demikian, semakin berat karat tersebut maka akan semakin fantastis pula harga suatu berlian.

Kejernihan (Clarity)

Anda pasti pernah melihat orang menggunakan kaca pembesar untuk melihat berlian, ‘kan? Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa tingkat kejernihan pada suatu berlian. Jika dilihat menggunakan mata telanjang tidak akan memberikan perbedaan yang signifikan.

Berlian asli sekalipun tidak terlihat jernih seratus persen melainkan memiliki inklusi. Penilaian terhadap kejernihan berlian harus meliputi 5 faktor diantaranya warna, ukuran, sifat, posisi dan nomor berlian. 

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Bentuk Potongan

Berlian yang didapat dari tambang masih memiliki bentuk yang tidak beraturan dan tidak terlihat menarik. Agar bisa menjadi perhiasan berlian yang bernilai maka harus dipotong terlebih dahulu. Pemotongan berlian biasanya dilakukan oleh ahli yang sudah berpengalaman. Sedikit saja salah atau meleset maka nilainya akan turun secara drastis.

Model potongan berlian yang paling mahal masih dipegang oleh round shape. Model potongan tersebut mampu memancarkan sinar hampir sempurna sehingga berlian terlihat lebih berkilau. Selain itu, tidak mudah untuk memotong berlian menjadi round shape karena memerlukan ketelitian dan detail yang sangat tinggi.

Proses Penambangan Yang Susah

Untuk mendapatkan batu mulia atau logam mulia lainnya memang memerlukan usaha yang sangat susah. Namun, proses penambangan berlian bisa dikatakan yang paling susah. Penambang harus menggali hingga lapisan bumi paling dalam karena umumnya batu mulia ini mendekati inti bumi. Dengan proses mendapatkan yang sangat susah dan ketersediaan yang terbatas adalah wajar jika harga berlian selangit.

Warna Berlian

Berlian putih merupakan warna berlian yang paling umum ketahui karena sering sekali dipakai untuk pemanis perhiasan. Namun, tahukah Anda bahwa berlian juga memiliki warna lainnya, lho. Anda bisa menemukan berlian dengan warna coklat, ungu dan juga kuning. Diantara warna-warna tersebut, berlian warna putihlah yang terlihat memukau karena mampu memancarkan cahaya dengan cukup baik.

Sertifikasi Berlian

Saat akan membeli perhiasan berlian terbaru pastikan Anda menanyakan sertifikat berlian tersebut. Umumnya, berlian asli hanya dijual di toko perhiasan terpercaya dan memberikan sertifikat yang memuat semua informasi berlian tersebut. Anda pun wajib menanyakan kejelasan sertifikat berlian jika membelinya dari pihak lain.

Mondial Jeweler

Anda bisa mendapatkan perhiasan berlian terbaru dan berkualitas di Mondial Jeweler. Berbagai macam perhiasan bisa Anda temukan di sana mulai dari cincin, gelang, kalung, liontin, anting atau bross.

Di atas merupakan salah satu koleksi perhiasan Mondial Jeweler. Liontin berlian tersebut menggunakan berlian pear shaped yang terlihat anggun seperti tetesan air. Kunjungi toko atau website resminya untuk menemukan berbagai koleksi lainnya.