Berita 2017 Terupdate

Manfaat Laktosa yang Terkandung dalam Susu Pertumbuhan

Susu pertumbuhan memiliki berbagai macam kandungan yang membantu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak. Salah satu kandungan yang biasanya ada dalam susu pertumbuhan adalah laktosa. Kandungan ini adalah jenis gula alami yang termasuk ke dalam karbohidrat. Sama seperti kandungan-kandungan lainnya, kandungan ini juga memiliki banyak manfaat seperti:

Sumber Energi

Manfaat pertamanya yaitu sebagai sumber energi karena masih termasuk ke dalam bagian karbohidrat. Karbohidrat sendiri merupakan makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Manfaatnya yaitu sebagai sumber energi agar Si Kecil bisa beraktivitas dengan baik di sepanjang hari.

Mendukung Perkembangan Bakteri Baik

Kandungan ini mungkin tidak akan tercerna di usus halus. Apabila tidak tercerna di usus halus, maka akan dimanfaatkan oleh bakteri baik sebagai prebiotik. Adanya probiotik bisa menjaga jumlah bakteri baik di pencernaan. Dengan begitu sistem pencernaan Si Kecil akan lebih lancar dan sehat.

laktosa
laktosa

Membantu Perkembangan Sistem Saraf dan Otak

Manfaat laktosa dalam susu pertumbuhan selanjutnya yaitu membantu perkembangan sistem saraf dan juga otak Si Kecil. Ada salah satu molekul bernama galaktosa yang berperan dalam membentuk glikolipid. Glikolipid inilah yang bermanfaat dalam pertumbuhan sistem saraf pusat manusia. Apabila sistem saraf dan otak berkembang dengan baik, maka kecerdasan Si Kecil juga bisa lebih optimal.

Mengoptimalkan Penyerapan Zat Besi dan Kalsium

Zat besi dan kalsium merupakan dua nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Kalsium bisa menjaga kesehatan tulang, sementara zat besi mampu mencukupi suplai sel darah merah sehingga terhindar dari anemia. Jika gula ini terpenuhi, penyerapan zat besi dan kalsium bisa lebih optimal.

Itulah berbagai manfaat laktosa yang biasanya ada dalam susu pertumbuhan. Salah satu susu pertumbuhan yang mengandung kandungan ini adalah Nestle Dancow Nutritods. Selain itu, Nestle Dancow Nutritods juga tidak mengandung sukrosa. Jenis gula sukrosa dianggap kurang baik karena bisa memicu obesitas pada anak. Ada dua tahapan yang bisa dipilih yaitu Dancow 1+ Nutritods (1-3 tahun) dan Dancow 3+ Nutritods (3-5 tahun).