Berita 2017 Terupdate

Makanan untuk Mencegah Sembelit Pada Anak

 

Sembelit adalah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Bahkan 40% dari mereka mengalami sembelit pada tahun pertamanya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sembelit pada anak, salah satunya yaitu pola makan kurang seimbang. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa menurunkan risiko sembelit. Sudah penasaran? Berikut di antaranya:

 

  • Makanan Berserat

Serat adalah kandungan nutrisi dari makanan yang berasal dari tumbuhan. Nutrisi ini tidak dapat dipecah oleh tubuh manusia. Apabila asupan serat yang didapatkan cukup, serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat feses tetap lunak.

Ada banyak makanan yang bisa membantu si Kecil mendapatkan asupan serat. Beberapa di antaranya yaitu gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan. Berikan makanan-makanan tersebut pada si Kecil sesuai dengan kebutuhan serat hariannya.

Makanan untuk Mencegah Sembelit Pada Anak

  • Makanan Mengandung Probiotik

Makanan untuk mencegah sembelit pada anak selanjutnya adalah makanan yang mengandung probiotik. Bakteri sehat tersebut biasanya bisa ditemukan pada minuman maupun makanan hasil fermentasi. Konsumsi probiotik sesuai kebutuhan harian anak bisa membantu melancarkan pencernaan sekaligus mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi atau sembelit. Adapun makanan dan minuman yang bisa membantu memenuhi kebutuhan probiotik anak yaitu susu pertumbuhan yang mengandung probiotik, tempe, dan yogurt.

 

  • Air Putih

Setelah anak mengonsumsi makanan, selanjutnya makanan tersebut akan melewati usus. Lalu tubuh akan menyerap kandungan air dari makanan. Sisanya yang tidak digunakan oleh tubuh akan menjadi feses untuk dibuang dari dalam tubuh. Apabila gerakan yang terjadi melambat maka air yang diserap oleh tubuh bisa semakin banyak.

Akibatnya feses anak menjadi keras dan kering sehingga susah untuk dikeluarkan. Air putih yang banyak bisa membantu proses pencernaan sehingga mengurangi risiko sembelit.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa mencegah sembelit pada anak. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan serat, probiotik, dan air putih yang cukup setiap hari. Salah satu susu pertumbuhan yang mengandung probiotik adalah Nestle Lactogrow. Bakteri lactobacillus reuteri dalam susu Nestle Lactogrow bisa membantu mencegah sekaligus mengatasi sembelit. Selain probiotik, Nestle Lactogrow juga mengandung serat pangan atau inulin.