Berita 2017 Terupdate

Tips Merawat Cincin Pernikahan Agar Selalu Tampak Berkilau

Perhiasan yang kemungkinan besar selalu dipakai setiap harinya dan bahkan mungkin tidak dilepaskan adalah cincin pernikahan. Pasalnya cincin ini tidak hanya dianggap sebagai perhiasan namun juga sebuah simbol ikatan suatu hubungan, bahkan sejak pertunangan sekalipun.

Karena merupakan perhiasan yang digunakan setiap hari, maka akan sangat mungkin cincin akan cepat kotor dan bahkan mengalami goresan halus. Tentunya kita tetap ingin cincin yang kita kenakan selalu berkilau indah bukan? Berikut ini ada beberapa tips untuk merawatnya.

Pembersihan Sederhana Yang Aman

Membersihkan permata Anda dengan pembersih yang ada di rumah adalah sesuatu yang tidak direkomendasikan. Namun secara sederhana, Anda dapat membersihkan cincin berlian Anda dengan air panas dan sikat gigi lembut. Selain itu, sebaiknya hindari menggosok dengan terlalu keras.

Jangan Cuci di Tempat Umum

Tips merawat yang pertama adalah jangan mencucinya di tempat umum. Memang mencuci tangan adalah suatu keharusan di tempat umum saat ini, namun hindari melepas cincin kawin Anda saat tangan Anda masih penuh dengan busa. 

Pasalnya Anda bisa saja meninggalkan cincin di tepi wastafel atau lebih buruk lagi menjatuhkannya ke saluran pembuangan. Sangat berisiko.

cincin pernikahan
cincin pernikahan

Hindari Menyentuh Bagian Permatanya

Hindari menyentuh batu permatanya. Berlian dan batu mulia lainnya adalah magnet untuk debu, kotoran, dan minyak tubuh. Saat Anda memasang atau melepas cincin, coba pegang sisi di kedua batu. Jika batu Anda terlihat berwarna kabur atau keruh, pasti ada sesuatu menempel di bawahnya.

Hati-hari Dalam Membersihkan

Untuk membersihkan cincin pernikahan Anda, Anda harus terlebih dulu melepas cincin Anda saat membersihkan atau saat Anda menggunakan bahan kimia tertentu. Hanya saja hindari pemutihan dan bahan pembersih lainnya yang dapat merusak permukaan cincin atau batu permata tertentu.

Hindari Tabrakan Dengan Benda Keras Lain

Berlian adalah salah satu bahan alami terkeras di dunia, namun tidak berarti berlian yang sudah dipoles tidak dapat pecah. Terkadang ada bagian dari berlian mudah rusak atau patah oleh karena itulah, pastikan untuk tidak membenturkan ke material keras lainnya.

Lepas Saat Berkegiatan Berat

Mendukung langkah sebelumnya, ada baiknya jika Anda melepas cincin pernikahan Anda saat berkegiatan berat atau di alam bebas. Selain untuk menghindari kehilangan atau benturan, ini juga bisa sebagai upaya untuk Anda agar tidak cidera.

Serahkan Pembersihan Pada Tangan Profesional

Jika Anda memiliki cincin pertunangan emas putih 14K, Anda bisa mengunjungi ahli perhiasan untuk memberikan perbaikan bila mungkin karena dalam jangka waktu tertentu cincin akan terlihat usang seiring dengan waktu dan juga bahkan terjadi keausan.

Anda dapat membuat cincin terlihat baru lagi dengan memberikan lapisan rhodium. Perbaikan dan perawatan ini cukup mudah, namun akan baik bila dilakukan oleh mereka yang benar-benar ahli di bidangnya.

Jangan Bandingkan Dengan Yang Lain

Setiap pengantin wanita memiliki ide berbeda seperti apa cincin pernikahan impiannya. Namun setelah Anda memiliki batu berlian yang berkilau di jari Anda, jangan mulai membandingkan cincin Anda dengan milik orang lain.

Cincin pernikahan memiliki kekhasannya tersendiri, dan juga ini menjadi simbol cinta dan pengabdian pasangan. Jadi bagaimanapun juga, cincin dari pernikahan Anda sangat berharga dan tidak ternilai sehingga bukanlah sebuah tanda status.

Itulah beberapa tips merawat cincin pernikahan Anda, banyak hal mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan, dan ada juga hal yang sebaiknya diserahkan kepada ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.