Berita 2017 Terupdate

7 Tips Menjalani Kuliah Sambil Kerja

Menjalani profesi sebagai seorang karyawan dan pada sisi lain juga menjadi seorang mahasiswa jika tidak dilakukan perencanaan yang baik sebelumnya, bisa-bisa keduanya berakhir gagal. Atau walaupun bisa dilakukan maka salah satunya bisa jadi sangat berantakan. Entah pekerjaannya yang terbengkalai atau nilai dalam kuliahnya yang  anjlok hanya sekuliah sambil kerjakedar mengejar gelar saja. Dari itu penting diketahui bagaimana tips dalam menjalani kuliah sambil kerja supaya apa yang diharapkan dari awal dapat berjalan sesuai rencana.

Sebagai tips dalam menjalani kuliah sambil kerja dengan keduanya berjalan lancar tanpa mengganggu satu sama lain maka berikut ini kami tuliskan untuk anda apa saja yang bisa menjadi tips penting demi menjalani kuliah sambil kerja secara lancar.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja
  1. Awali dengan restu atau ijin orang tua. Sebagai orang timur maka memulai dari meminta doa atau restu orang tua menjadi pilihan tepat sebelum anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja.  Restu yang diberikan orang tua bias menjadi pembawa kesuksesan anda dalam menjalani keduanya.
  2. Kuatkan niat. Godaan dalam menjalani kuliah yang berhubungan dengan kerja bisa memberikan tekanan yang kuat. Sudah banyak mahasiswa yang dari awal sangat bersemangat untuk mengikuti kuliah sambil kerja akan tetapi ketika gangguan atau berbagai tugas datang banyak yang semangatnya menjadi turun. Akibatnya maka nilai untuk kuliah yang didapat pun asal-asalan. Dari itu sejak awal kuatkan niat sangat penting untuk dilakukan, tanamkan semangat dalam diri serta bergaul juga dengan orang-orang yang memang bisa memberikan semangat atau sikap positif saat anda kuliah sekaligus bekerja.
  3. Ingat selalu masa depan yang lebih baik.  Saat menjalani kuliah sambil bekerja terkadang semangat yang awalnya menggebu-gebu mulai turun, sehingga diperlukan motivasi tersendiri untuk membuatnya bangkit kembali. Jika anda masih sulit mendapat motivasi semangat dari orang lain cobalah menyemangati diri dengan mengingat masa depan yang bisa lebih baik. Masa depan terbaik di depan nanti bisa dimulai dengan bekerja keras dari awal. Ingatlah wajah-wajah orang tersayang anda seperti orang tua dalam membantu anda mencapai segala cita-cita.
  4. Atur waktu seefektif mungkin. Menjalani kuliah sambil kerja harus pandai dalam mengatur waktu seefektif mungkin. Terlebih saat adanya pekerjaan dan tugas kuliah yang datangnya bersamaan. Dalam hal ini anda harus pandai mengatur waktu sedari awal dan menjadi seseorang yang multi tasking. Coba dibuat jadwal-jadwal saat kuliah, kerja, pengerjaan tugas dan yang lainnya secara terperinci. Dengan cara ini berbagai kesibukan dalam kerja dan kuliah dapat diatur waktu pengerjaannya.
  5. Memastikan segala kebutuhan telah siap dari awal. Berbagai kebutuhan saat kerja dan kuliah tentunya berbeda, dari itu sedari awal semuanya perlu dipersiapkan. Terlebih lagi untuk kebutuhan perlengkapan kuliah maka pastikan semuanya telah siap sebelum anda berangkat bekerja.
  6. Manfaatkan sela waktu santai untuk belajar. Saat anda mendapatkan waktu yang santai sebaiknya jangan dihabiskan semua hanya untuk liburan, tetapi anda bisa memanfaatkannya dengan belajar. Selain itu sela-sela waktu yang santai daripada diisi kegiatan yang kurang jelas seperti bermain game atau ngobrol yang tidak jelas sebaiknya diisi dengan belajar. Misalnya dengan membaca buku-buku materi atau diktat kuliah. Cara ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan anda memahami berbagai mata kuliah sebelum anda mendapatkan materinya langsung saat kuliah.

Sebagai langkah terakhir agar anda bisa kuliah sambil belajar dengan sukses pilih kuliahnya di IDS Digital Collage. Di IDS anda diberikan keleluasaan dalam mengatur waktu untuk kuliah sehingga memberikan anda waktu lebih dalam mengatur waktu yang efektif dan efisien.