Berita 2017 Terupdate

Cara Menyembuhkan Alergi Kulit, Kenali Dulu Penyebabnya. 

Alergi kulit timbul karena banyak faktor yang menyebabkan terjadi reaksi. Penderita alergi akan merasa terganggu oleh rasa gatal yang timbul secara terus menerus. Cara menyembuhkan alergi ini bisa dengan menggunakan bahan tradisional atau berobat kepada dokter ahli.

Kebanyakan reaksi alergi masih bisa dikatakan ringan, walau tidak menutup kemungkinan terjadi reaksi serius. Penyebabnya pun bisa disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu penting untuk mengetahui pemicu alergi agar bisa menghindari terjadinya reaksi.

Penyebab Alergi Kulit

Kini diketahui ada lebih dari 3000 zat yang menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Terlebih bagi orang yang memiliki kulit sensitif sehingga rawan bereaksi terhadap pemicu alergi. Akibatnya akan muncul ruam berwarna kemerahan, gatal serta bengkak pada bagian kulit.

Pemicu alergi bisa berupa kosmetik atau obat-obatan yang tidak cocok. Begitu juga dengan perhiasan dari logam yang bisa menimbulkan reaksi serupa. Namun pemicunya bisa juga berupa tanaman, serangga atau bahan dari produk pembersih. Bahan lateks juga dapat menyebabkan terjadi alergi.

cara menyembuhkan alergi
cara menyembuhkan alergi

Reaksi alergi tidak langsung terjadi begitu saja pada pada kontak pertama. Awalnya tubuh hanya mengingat alergen tersebut sebagai serangan terhadap antibodi. Baru pada kontak selanjutnya akan muncul reaksi terhadap alergen. Berikutnya hanya perlu waktu singkat, badan akan segera bereaksi terhadap penyebab alergi.

Alergi biasanya dipandang sebagai gangguan ringan terhadap kulit, tetapi ada beberapa kasus yang berakibat fatal. Bukan hanya timbul ruam kemerahan disertai rasa gatal. Namun juga diiringi oleh kram perut, sesak nafas, mendadak lemas bahkan bisa berujung kematian.

Cara Menyembuhkan Alergi Pada Kulit

Jika sudah mengetahui bahwa Anda memiliki alergi, segera cari tahu penyebabnya agar bisa dihindari. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mencari cara menyembuhkan alergi. Sementara itu jika terjadi serangan alergi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk meringankan risiko.

Memakai Pakaian Lembut

Mengenakan pakaian yang terlampau ketat serta berbahan kaku akan menyebabkan ruam pada kulit semakin parah. Jadi sebaiknya kenakan pakaian yang longgar serta memiliki bahan lembut. Agar tidak terjadi efek lanjutan yang membuat reaksi alergi menjadi lebih fatal.

Mandi dengan Air Dingin

Lebih baik jangan mandi dengan berendam dalam air hangat sebab dapat menyebabkan ruam lebih parah. Mandi dengan air dingin saat kulit terasa sangat gatal lalu lap dengan handuk lembut. Lalu oleskan pelembab untuk menghindari terjadinya peradangan pada kulit. Anda bisa menambahkan baking soda pada air mandi untuk menghilangkan gatal.

Kompres

Tidak hanya mandi dengan air dingin, kompresi menggunakan air dingin juga akan mengurangi rasa gatal. Tutup bagian tubuh yang gatal dengan menggunakan kompresi air dingin atau air es. Diamkan selama 10 menit sampai rasa gatal mulai reda.

Jangan Digaruk

Rasa gatal pada kulit yang mengalami alergi memang terasa sangat mengganggu. Namun Anda tidak boleh menggaruknya, karena akan menyebabkan iritasi bahkan infeksi. Agar terhindar dari keinginan menggaruk saat rasa gatal itu timbul, Anda bisa menggunting kuku dan memakai sarung tangan. Selain itu tutup daerah gatal dengan pakaian agar sulit untuk Digaruk.

Oleskan Antigatal

Anda bisa menggunakan obat antigatal yang berbahan hidrokortison maupun calamine. Kedua bahan dasar ini memiliki efek untuk mengurangi rasa gatal pada bagian tubuh yang dioleskan. Selain obat oles, dapat pula meminum obat antihistamin.

Cara di atas dapat dipraktekkan saat Anda menderita alergi. Namun sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mengetahui pencetus serta cara menyembuhkan alergi. Dokter dapat mengatasi semua keluhan dengan pengobatan yang tepat.