Berita 2017 Terupdate

Ketahui 3 Resiko Kehamilan Kembar Bagi Janin

Siapa yang tidak bahagia saat hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Ibu sedang mengandung bayi kembar? Banyak para wanita yang menginginkan kehamilan kembar ini, bisa jadi karena memang ingin sekali sepasang anak kembar. Tapi, Ibu juga harus tahu bahwa hamil kembar artinya kesehatan ibu hamil juga harus dijaga ekstra. Karena, jika kesehatan ibu hamil tidak benar-benar terjaga, hal ini akan berpengaruh tidak hanya pada Ibu tetapi juga untuk janin.

Risiko kehamilan kembar bagi janin lebih besar dari kehamilan biasa, lho. Apa saja risiko itu? Berikut di antaranya.

1. Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR)

Berat badan yang normal bagi bayi baru lahir adalah antara 2,5 kg – 4 kg. Pada kehamilan kembar, nutrisi dari ibu tidak hanya terbagi dengan satu janin. Karenanya, risiko bayi lahir dengan berat badan rendah pun akan semakin besar.

2. Kelahiran prematur

Wanita dengan kehamilan kembar berisiko lebih besar mengalami hidramnion (kelebihan air ketuban). Jika kesehatan ibu hamil tidak benar-benar dijaga, maka hidramnion ini dapat menyebabkan kelahiran prematur pada janin. Tekanan yang berlebih menyebabkan air ketuban pecah sebelum waktu persalinan sehingga mau tidak mau bayi harus dilahirkan.

3. Kelainan letak

Kehamilan kembar dapat menyebabkan bayi mengalami kelainan letak. Dua janin atau lebih dalam satu wadah yang sama tentu akan berlainan letaknya. Jika bayi pertama letaknya benar, teraba ubun-ubun kecil misalnya, maka bayi kedua bisa saja mengalami letak bokong (sungsang). Hal ini biasanya bisa diubah setelah persalinan janin pertama. Janin kedua dan seterusnya bisa ‘berputar’ untuk merubah posisinya.

Nah, itu dia beberapa risiko yang dapat terjadi pada janin dalam kehamilan kembar. Tapi, Ibu tidak perlu kuatir lagi, cukup penuhi nutrisi dan jaga kesehatan sebaik mungkin. Pemenuhan nutrisi bisa diupayakan dengan minum susu ibu hamil dari Nestle, yaitu Nestle Mom&Me.

Selain tersedia dalam berbagai varian rasa kesukaan, kandungan nutrisi dalam produk Nestle ini juga lengkap sekali, lho. Kebutuhan nutrisi untuk ibu dan janin pasti akan terpenuhi meski hamil kembar sekalipun. Jadi, optimalkan menjaga kesehatan ibu hamil dengan minum Nestle Mom&Me ini, ya.