Berita 2017 Terupdate

Tidak Hanya Jadi Simbol Cinta, Inilah Detail Makna Cincin Nikah Berlian 

Semua orang menganggap cincin nikah sebagai benda sakral karena menjadi simbol cinta antara pasangan yang menikah. Tidak heran jika akhirnya cincin nikah berlian menjadi salah satu benda paling berharga dalam hidup pasangan suami istri. Cincin nikah mampu menjaga kesetiaan dan hubungan pasangan selama bertahun-tahun. Namun bukan hanya itu saja, cincin dengan hiasan berlian memiliki makna lainnya sehingga dijadikan sebagai cincin nikah.

Setiap detail yang disematkan pada cincin ternyata memiliki makna dan filosofi yang bagus untuk pernikahan. Apakah Anda penasaran dengan maknanya? Berikut ini adalah detail makna cincin nikah yang perlu Anda ketahui:

Makna Bentuk Lingkaran dari Cincin

Meskipun sekarang model cincin nikah semakin beragam, namun cincin berbentuk lingkaran atau circle masih menjadi pilihan terfavorit. Sejak dulu, lingkaran memang melambangkan keabadian dan kesetaraan. Tidak ada ujung dan tidak ada ciri lain yang menonjolkan bentuk lingkaran.

Sementara lubang yang ada di tengah cincin lingkaran adalah pintu untuk menuju masa depan. Oleh sebab itu, cincin berbentuk lingkaran memiliki makna mendalam mulai dari keabadian, keutuhan, totalitas, keutuhan, serta kemampuan menyelesaikan masalah. Bahkan ada yang percaya bahwa lingkaran adalah simbol untuk Tuhan yang sempurna.

cincin nikah berlian
cincin nikah berlian

Makna Logam Rangka Cincin

Awal mula tradisi cincin nikah yaitu dari bangsa Mesir Kuno dan Romawi. Pada masa itu, material yang digunakan untuk membuat cincin adalah kulit, tulang, serta ranting. Lalu beberapa tahun selanjutnya material tersebut mulai digantikan dengan logam.

Logam yang digunakan untuk membuat cincin nikah berlian menunjukkan status pemakainya. Perunggu dan besi merupakan pilihan termurah sehingga digunakan oleh kelas menengah ke bawah. Sedangkan emas dan perak merupakan logam mahal yang digunakan oleh kalangan atas.

Namun sejak sekitar abad 1800, bermunculan tambang emas di seluruh dunia sehingga logam ini tidak langka lagi. Akhirnya banyak bermunculan cincin bahan emas dengan harga terjangkau. Perunggu dan besi juga sudah mulai jarang digunakan sebagai material utama cincin nikah.

Ada tiga macam logam perhiasan yang saat ini populer yaitu emas, perak, dan platinum yang memiliki makna masing-masing. Emas merepresentasikan cinta, gariah, kemewahan, keagungan, kemakmuran, kekayaan, dan vibes positif. Sedangkan perak merepresentasikan ketenangan, kebijaksanaan, dan kemurnian. Terakhir platinum merepresentasikan kekuatan, langka, cinta abadi, kemurnian, dan juga cinta sejati.

Makna Berlian Pada Cincin

Cincin nikah berlian mulai muncul sejak akhir abad 1500-an. Di masa itu, cincin ini hanya digunakan oleh orang-orang dari golongan atas saja. Berlian menjadi batu permata terfavorit untuk cincin nikah karena kekuatannya mencapai 10 Mohs sehingga tahan gesekan maupun benturan. Berlian sendiri merepresentasikan integritas, kekuatan, dan kemurnian.

Makna Penggunaan Cincin di Jari Manis

Sudah menjadi tradisi jika cincin nikah digunakan di jari manis, entah itu jari manis tangan kiri maupun kanan. Bukan tanpa alasan, penggunaan cincin nikah di jari manis juga memiliki makna. Bangsa Romawi Kuno percaya bahwa ada vena amoris atau pembuluh darah cinta  yang langsung terhubung ke jantung di jari manis setiap orang. Namun seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, hal tersebut tidak terbukti kebenarannya. Meskipun begitu banyak pasangan tetap menggunakan cincin nikah di jari manis. 

Itulah pembahasan mengenai detail makna pada setiap desain cincin nikah berlian. The Palace sebagai brand dengan slogan 3T “Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin” menawarkan cincin nikah dengan berbagai kelebihan tersebut.

Salah satu rekomendasinya adalah eternity ring dari bahan white gold dan rose gold. Ada juga cincin solitaire yang lebih simple dan terjangkau dari Moela Collection. Jika ingin membeli cincin couple, Anda bisa memilih Kekaseh Collection. Semua informasi mengenai koleksi brand satu ini bisa dilihat di website www.thepalacejeweler.com