Berita 2017 Terupdate

Cara Menilai Kualitas dan Keaslian Gelang Berlian Terjangkau

Gelang berlian dikenal sebagai perhiasan yang bernilai tinggi atau mahal. Bahkan gelang berlian milik public figure memiliki harga yang sangat fantastis, sampai miliaran rupiah. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada gelang berlian dengan harga yang terjangkau. Masih banyak gelang berlian terjangkau yang asli dan berkualitas di pasaran. Anda hanya perlu pandai-pandai mencarinya saja.

Selain itu, Anda tetap harus waspada ketika ada yang menawarkan gelang terjangkau. Ketahui cara menilai kualitas dan keaslian gelang berlian agar tidak tertipu barang palsu. Berikut ini informasi cara menilainya yang bisa Anda pelajari:

gelang berlian terjangkau

Color

Sebagian besar gelang berlian yang ada di pasaran menggunakan berlian berwarna bening. Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), warna atau color dari berlian dinilai dengan skala D sampai dengan Z. Warna dengan skala D adalah yang terbaik, sedangkan warna dengan skala Z adalah yang terburuk. 

Namun skala warna tidak terlalu berpengaruh pada kualitas kilauan gelang Anda. Jika ingin menghemat budget, Anda bisa mengorbankan warna ini tanpa mengurangi keindahan gelang berlian.

Clarity

Clarity atau kejernihan berbeda dengan color atau warna. Faktor kejernihan ini lebih mengacu pada ada tidaknya tanda cacat pada berlian. Pasalnya berlian asli yang digunakan pada gelang berlian mengalami proses alami dalam jangka waktu lama. Jadi tidak menutup kemungkinan adanya tanda cacat di dalamnya.

Pada umumnya, clarity pada gelang berlian menggunakan lima skala yaitu flawless, internal flawless, VS, VVS, dan I. Sama seperti color, Anda yang menginginkan gelang berlian terjangkau juga bisa mengorbankan clarity. Tidak harus flawless atau internal flawless, kualitas VS atau VVS saja sudah sangat bagus untuk gelang Anda.

Cut

Cut atau potongan berlian tidak boleh Anda korbankan karena menentukan keindahan pantual berlian. Pastikan memilih gelang berlian dengan kualitas cut tertinggi yaitu excellent cut. Sebagian besar pecinta perhiasan berlian pasti menyarankan excellent cut sebagai standar perhiasan berlian. 

Jadi pastikan gelang berlian Anda memenuhi kriteria tersebut agar berkilau dengan cantik. Sebagai informasi, di bawah excellent cut ada level lain yaitu very good, good, fair, dan poor. Usahakan tidak membeli gelang berlian yang menggunakan berlian dengan potongan poor.

Carat Weight

Cara menilai kualitas gelang berlian selanjutnya yaitu mengetahui carat weight atau berat karat. Istilah carat mungkin pernah Anda temukan saat membeli perhiasan emas. Namun carat pada berlian pada karat pada emas berbeda.

Carat pada berlian adalah berat berlian (1 carat = 200 gram). Sedangkan karat pada emas adalah kemurnian emas (emas murni = 24 karat). Semakin tinggi nilai carat berlian maka harga dan kualitasnya akan semakin baik. Meskipun begitu, bukan berarti gelang berlian dengan carat weight rendah tidak berkualitas.

Certificate

Certificate membantu Anda menilai keaslian gelang berlian. Semua perhiasan berlian yang memiliki sertifikat resmi terjamin keasliannya. GIA merupakan lembaga penilaian berlian yang paling populer. Selain itu, ada beberapa lembaga populer lain seperti HRD, AGS, IGI, dan lain sebagainya.

Itulah cara menilai kualitas dan keaslian gelang berlian terjangkau. Sulit mendapatkan gelang yang berkualitas dan terjangkau? Anda mungkin belum menemukan yang namanya Mondial Jeweler. Brand perhiasan ternama satu ini menawarkan berbagai perhiasan berlian terjangkau, termasuk gelang. 

Gelang terjangkau yang bisa Anda pilih salah satunya berasal dari koleksi Mondial Dreams. Deretan berlian yang menghiasi gelang membuat penampilan Anda semakin sempurna. Model gelangnya juga beragam, jadi mudah disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Jika ingin melihat koleksi Dreams dari Mondial Jeweler, langsung kunjungi website www.mondialjeweler.com