Berita 2017 Terupdate

4 hal yang harus diketahui di sekolah kedokteran gigi

Kesehatan merupakan kenikmatan paling mahal yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup, dalam hal ini kesehatan pada bagian mulut dan gigi yang menjadi kunci seseorang dapat menikmati lezat dan gurihnya makanan. Nikmat yang satu ini harus selalu dirawat sebab tidak ada satu hal pun yang mampu membuat hati manusia senang kecuali nikmat sehat terutama gigi yang sehat. Maka dari itu, keilmuan pada bidang dokter gigi sudah memiliki banyak peminat. Namun, sebelum memasuki sekolah kedokteran gigi akan ada baiknya apabila kamu memperhatikan hal berikut ini.

Terdapat banyak universitas di Indonesia yang sudah terbukti kualitas dari para alumninya. Jelas pasti profesi dokter gigi sangatlah membanggakan. Jelas pasti akan lebih berbangga hati lagi apabila kamu mendaftarkan diri langsung ke FKG Universitas Kristen Maranatha yang memiliki banyak tenaga pengajar dengan kualitas tinggi. Jadi, tidak perlu menunggu lagi, ayo langsung daftarkan dirimu ke Universitas Kristen Maranatha.

Sebelum mendaftar ke fakultas kedokteran gigi tentu kamu harus melewati berbagai macam perjuangan, mulai dari perjuangan fisik, waktu, hingga finansial. Berbagai tahapan harus dihadapi sebab profesi ini bukanlah profesi yang sembarangan. Perhatikan beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

Sekolah Kedokteran Gigi
Sekolah Kedokteran Gigi
  • Sehat jasmani dan rohani

Seorang dokter gigi haruslah sudah memiliki tubuh yang sehat baik secara fisik maupun mental. Hal ini dikarenakan sebagai dokter gigi, kamu akan memeriksa pasien dan menghindari kesalahan-kesalahan saat proses pemeriksaan pasien.

  • Tidak buta warna

Saat sedang memeriksa seorang pasien, biasanya dokter akan dihadapkan dengan berbagai organ fisik dari pasiennya. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa seorang dokter gigi tidak boleh buta warna guna menghindari hal yang dapat membahayakan pasien.

  • Bebas narkoba

Selanjutnya, seorang calon dokter gigi sangatlah harus terhindar dari obat-obatan terlarang, apalagi mengkonsumsinya. Sebab seorang dokter gigi harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi saat sedang menghadapi pasien. Harus memahami secara detail mengenai kondisi pasien yang harus ditangani. Selanjutnya seorang dokter gigi juga harus dapat menentukan penyakit yang diidap pasiennya berdasarkan pada gejala-gejala yang diderita pasien.

  • Menguasai keterampilan dokter gigi

Saat menjadi calon dokter gigi kamu juga harus dapat menguasai berbagai keterampilan yang dimiliki oleh seorang dokter gigi mulai dari memiliki pengetahuan mengenai kedokteran, komunikasi, terampil dalam membimbing dan melakukan analisa terhadap informasi pasien, dapat bekerjasama dalam tim, dan juga dapat terampil dalam menangani masalah dengan baik dan benar.

Apabila kamu sudah memiliki 4 hal yang baru saja disebutkan. Selanjutnya yaitu tahapan atau cara menjadi seorang dokter gigi untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah kedokteran gigi. Kamu harus menempuh pendidikan akademik terlebih dahulu. Sudah jelas sekali untuk memasuki FKG setiap orang harus berjuang dengan kerasnya sebab dari banyaknya peminat pada bidang ini. Selain syarat masuk fakultas kedokteran yang berat, masa-masa pendidikan perkuliahan kedokteran dikenal sebagai pendidikan yang tidak mudah karena banyaknya materi yang harus dipelajari, dipahami, dan dihafalkan.

Setelah lulus dari pendidikan akademik dan memperoleh gelar S.KG selanjutnya kamu harus melaksanakan pendidikan profesi atau biasa disebut sebagai masa klinik sebab masa-masa pendidikan ini kamu akan terjun langsung ke rumah sakit. Tahap ini merupakan masa dimana kamu akan menerapkan segala macam ilmu yang sudah dipelajari pada saat masa pendidikan akademik.