Berita 2017 Terupdate

Cara Hitung Kalkulator Deposito Dan Manfaatnya Berinvestasi Deposito

 

Untuk menghindarkan diri dari perilaku konsumtif Anda harus pandai dalam mengatur keuangan. Deposito merupakan salah satu cara yang dapat Anda pilih karena memiliki banyak keuntungan. Keuntungan utama dari deposito yaitu mendapatkan bunga setiap bulannya. Anda dapat menghitung bunga yang akan diterima dengan menggunakan kalkulator deposito. Meskipun Anda tidak dapat menggunakan uang tersebut hingga tiba masa jatuh tempo namun masih bisa menggunakan bunga yang diberikan per bulan.

4 Keuntungan Memilih Investasi Deposito

Agar Anda semakin mantap untuk mendepositokan uang Anda maka simak beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan berikut.

 

Uang Tersimpan Aman

Menyimpan uang dalam bentuk deposito jauh lebih aman dari tabungan karena Anda tidak khawatir uang tersebut berkurang. Hal ini dikarenakan Anda dapat mencarinya sewaktu-waktu. Selain itu, deposito juga telah mendapatkan jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Itulah yang membuat uang Anda lebih aman karena jika terjadi sesuatu uang tersebut akan tetap dikembalikan sesuai dengan jumlah yang Anda setorkan.

 

Mendapatkan Bunga

Keuntungan menggiurkan dari deposito yang banyak membuat orang tertarik yaitu mendapatkan bunga. Bank akan mencairkan bunga tersebut setiap bulan dan dikirimkan ke nomor rekening Anda. Besar bunga yang Anda terima akan dipengaruhi oleh jumlah uang yang Anda simpan. Jika Anda menyimpan uang dalam jumlah yang lumayan besar maka bunga yang akan didapatkan juga cukup banyak. Hal lain yang mempengaruhi besar bunga yang akan Anda terima yaitu tenor yang dipilih. Jika Anda memilih tenor jangka panjang maka bank pun akan memberikan bunga yang cukup tinggi.

 

Investasi Paling Mudah

Untuk Anda yang masih baru ingin belajar berinvestasi, deposito merupakan pilihan terbaik. Investasi ini sangat rendah resiko sehingga Anda tidak khawatir mengalami kerugian. Berbeda dengan saham yang begitu fluktuatif. Saham dapat memberikan keuntungan yang sangat besar namun jika Anda masih belum paham cara bermain saham dan membaca pasar maka kerugian yang dialami juga cukup tinggi.

 

Tenor Dapat Disesuaikan

Setiap bank akan memberikan kebebasan nasabah untuk memilih tenor deposito. Tenor tersebut umumnya tersedia mulai dari tenor jangka pendek, jangka sedang dan jangka panjang. Jika Anda berencana menggunakan uang tersebut dalam waktu dekat maka bisa memilih tenor jangka pendek. Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki persiapan keuangan untuk hal lain maka bisa memilih tenor jangka panjang sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

 

 

 

Cara Menghitung Bunga Deposito

Anda dapat memperkirakan bunga yang akan Anda terima dengan menghitungnya sendiri. Cara menghitung deposito cukup mudah dengan mengikuti langkah berikut.

 

Rumus Perhitungan Bunga Per Bulan

(Suku bunga x jumlah setoran deposito x 30 x 80 %) / 365 hari

Angka 80 % tersebut adalah pendapatan dikurangi pajak.

Contoh: Anda akan berdeposito sebesar 100 juta rupiah dalam waktu enam bulan. Tingkat suku bunga 6% dan pertanggungan pajak 20%. Maka perhitungannya adalah

(6% x 100.000.000 x 30 x 80%)/365 hari

144.000.000/365 = Rp. 394.520 (bunga yang akan diterima setiap bulan)

 

Bank Sinarmas

Nasabah bank Sinarmas dapat melakukan deposito dengan setoran yang cukup ringan yaitu Rp. 500.000. Suku bunga yang ditawarkan juga kompetitif sehingga Anda dapat menyimpan uang dengan aman dan mendapatkan keuntungan bunga yang lumayan.

Pendaftaran deposito bisa dilakukan secara online dengan install aplikasi Simobi. Bank Sinarmas juga memberikan persyaratan yang mudah dan ringan sehingga siapapun dapat melakukan deposito.