Berita 2017 Terupdate

5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Ingin Jadi Animator 

Menjadi animator memang belum dilihat sebagai pilihan karier karena dianggap kurang meyakinkan. Sebenarnya, menjadi animator memiliki prospek kerja yang bagus, asalkan Anda memiliki kemampuan dan sertifikat atau ijazah dari sekolah animasi. Sebab kebanyakan vendor atau perusahaan yang mencari animator melihat dari hal tersebut.

Oleh sebab itu, ketika mencari sekolah atau tempat kursus animasi harus menemukan yang terbaik, baik dari segi kualitas, nama, maupun hasil lulusannya. IDS Education adalah pilihan tepat ketika Anda ingin menjadi animator. 

Selain menemukan sekolah yang tepat, Anda juga harus mengetahui langkah apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi animator handal. Jadi, bukan sekadar punya sekolah bagus, tapi harus diikuti oleh keahlian juga.

Langkah Menjadi Seorang Animator

Menjadi animator saat ini merupakan pilihan tepat, terutama jika Anda menyukai dunia digital dan seni. Karena animasi merupakan penggabungan kedua hal tersebut ditambah berbagai pengetahuan lainnya. Agar sukses meniti karier menjadi animator, berikut langkah yang harus dilalui:

  • Pahami Mengenai Profesi Animator

Langkah paling awal adalah Anda harus memahami mengenai profesi animator. Harus tahu apa saja pekerjaan yang dilakukan, tanggung jawab, dan bagaimana mengerjakan tugas animator. 

Sebab animator bukan hanya membuat gambar atau film, tapi juga mengerjakan berbagai hal berkaitan pembuatan gambar atau film tersebut. Animator bisa bekerja merangkap sebagai ilustrator, sutradara, penulis skenario, hingga pencari talent.

sekolah animasi
sekolah animasi
  • Pilih Sekolah Animasi Terbaik

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa menemukan sekolah animasi terbaik dan Anda sudah mendapatkan rekomendasinya, yaitu IDS Education. Di sekolah ini akan diberikan pendidikan animasi dengan pendekatan real world project sehingga Anda benar-benar merasakan bagaimana menjadi animator sebelum terjun ke industri animasi sesungguhnya.

  • Pilih Program Studi yang Sesuai

Pastikan Anda memilih program studi yang sesuai, jika ingin menjadi animator maka ambil jurusan animasi bukan desain grafis. Sebab setiap program studi punya mata kuliah dan fokus berbeda. Jika mengambil prodi berbeda akan beda juga ilmu yang didapatkan nantinya.

Di prodi animasi, Anda akan fokus diberikan mata kuliah tentang animasi, mulai dari teknik gambar dasar hingga teknik gambar 3 dimensi. Bahkan akan ada mata kuliah untuk mengolah dan memunculkan ide kreatif.

  • Banyak Latihan 

Langkah selanjutnya adalah dengan banyak berlatih. Misalnya, Anda ingin fokus menjadi animator pembuat game, maka perlu latihan membuat game, mulai dari menentukan tokoh, alur cerita, hingga gameplay.

Mulai latihan dari membuat karakter dalam game, lalu mengembangkan alur cerita, dan mengatur gameplay. Bukan hanya satu atau dua game, mungkin Anda harus berlatih membuat puluhan game simpel dulu sebelum bisa membuat satu yang spesial dan sukses.

  • Buat Portofolio dan Pelajari Pasar

Selanjutnya, adalah membuat portofolio yang menarik tentang pengalaman kerja dan hasil kerja yang pernah dibuat. Jika kamu sudah punya beberapa karya atau pernah bergabung di proyek tertentu bisa memasukkannya dalam portofolio.

Lalu harus melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan pasar industri animasi saat ini dan ke depannya. Anda harus bisa menghasilkan produk sesuai selera pasar sehingga jasa Anda diperlukan dan dipergunakan banyak pihak.

Menjadi animator profesional memang tidak mudah, butuh proses dan tentunya dasar yang baik. Sebagai fondasi memilih sekolah animasi terbaik adalah hal sangat penting. IDS Education merupakan pilihan sekolah tinggi terbaik dengan jenjang pendidikan S1. Di sini Anda akan mendapatkan pendidikan dengan pendekatan real world project sehingga dapat pengalaman bagaimana menyelesaikan project sesuai dengan kebutuhan pasar.