Berita 2017 Terupdate

Desain Cincin Berlian Pria yang Maskulin

Tidak bisa dipungkiri jika Cincin berlian adalah salah satu  perhiasan yang memiliki  penggemar tersendiri. Ditambah dengan  mata  cincin dengan batu berlian yang menambah nilai estetisnya. Selain  cincin untuk perempuan, para desainer tak ketinggalan mendesain cincin berlian pria yang  tetap menonjolkan  sisi maskulinitas.

Cincin bermata berlian dapat menunjukkan kelas status pemakainya. Semakin   tinggi  nilai berlian yang digunakan,  cincin  akan semakin menunjukan kelasnya.  Desain cincin yang sederhana namun menarik akan terlihat  elegan di jari pemakainya. Tidak hanya untuk   perempuan,  sekarang ini mudah ditemukan desain cincin  pria yang ternyata tak kalah  banyak  juga penggemarnya. Pilihannya pun beragam.

Pada umumnya desain cincin berlian  khusus pria  tetap menunjukkan sisi maskulinitas. Desain cincin didominasi dengan bentuknya yang menyudut dengan   mata berlian  yang membentuk  persegi. Namun demikian, desain ini tetaplah elegan dan menyesuaikan dengan  kebutuhan pria.

Selain  untuk perhiasan sehari-hari, cincin berlian untuk pria biasanya dalam bentuk cincin berpasangan. Contoh cincin berpasangan adalah  cincin pertunangan dan cincin pernikahan. 

Jenis-Jenis Cincin Berlian Pria

cincin berlian pria
cincin berlian
  • Cincin Fashion

Cincin jenis ini  digunakan untuk  pemakaian sehari-hari. Biasanya   tersedia  dengan berat cincin yang besar dan desainnya cenderung menyudut.

  • Cincin pertunangan

Cincin pertunangan  akan sepaket dengan  cincin berlian milik perempuan. Bentuknya akan menyesuaikan   dengan bentuk cincin berlian perempuan.

  • Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan didesain sepasang  dengan cincin pengantin perempuan. Desain yang banyak ditemukan adalah desain yang elegan dan  menggambarkan ikatan pernikahan. Biasanya  pada bagian dalam cincin akan tertulis  nama pasangan atau tanggal  pernikahan.

Apapun tujuan  seorang pria memiliki  cincin bermata berlian, tetap harus diperhatikan beberapa spesifikasi berlian. Maksudnya agar dapat membandingkan  harga  cincin bermata berlian tersebut dengan kualitas yang  ditawarkan.  Normalnya, semakin bagus grade  berlian yang digunakan akan sebanding dengan harga yang harus dibayarkan.  

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat  Memilih  Cincin Berlian Pria

  • Color atau warna

Terdapat   dua jenis  warna berlian, yaitu  Fancy color diamond dan colorless diamond. Fancy color dapat berupa berlian yang memancarkan warna seperti, biru, merah, kuning dan lainnya. 

  • Cutting atau potongan

Potongan  berlian  juga menentukan kualitas berlian yang dihasilkan, karena akan mempengaruhi pantulan sinar berlian. Semakin presisi potongan yang dibuat, maka kilau yang   dihasilkan akan  semakin  cerah. Berdasarkan  nilai  GIA,  skala  cutting berlian dibagi menjadi lima  yaitu  fair,  good, very good, ideal dan  signature ideal. Semakin tinggi    nilainya, tentu saja kualitasnya semakin  bagus.

  • Clarity atau kejernihan

Tingkat clarity menunjukan  kejernihan berlian. Berlian yang  clarity-nya tinggi  tidak akan memiliki  noda dan goresan  pada permukaannya. Berdasarkan GIA, tingkat kejernihan paling   tinggi adalah  flawless atau FL. Sementara  berlian dengan   tingkat clarity paling  rendah adalah  include atau i.

  • Carat Weight atau berat karat

Nilai  carat weight  digunakan sebagai penamaan   bobot  berlian. Berlian dengan  ukuran yang sama persis, baik dalam potongan maupun bentuk  belum tentu  mempunyai  carat weight yang  sama. 

Hal di atas dapat diketahui dengan banyak   bertanya pada    penjual yang terpercaya. Jangan lupa pula meminta   sertifikat keaslian berlian yang  biasanya tersemat pada perhiasan cincin yang dibeli. Di dalam sertifikat itu akan tertulis semua spesifikasi  berlian. 

Apapun  cincin berlian yang akan dipilih, tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sesuaikan desain cincin berlian pria dengan sifat dan karakter pria yang maskulin. Dengan demikian  cincin akan menambah  nilai pada  penampilan  pengguna.