Berita 2017 Terupdate

Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli Perhiasan Berlian Asli

Berlian merupakan batu indah yang biasa digunakan untuk menghiasi perhiasan. Tampilannya yang berkilau sangat cocok jika dipasang pada perhiasan seperti cincin, kalung, anting, hingga gelang. Karena keindahannya tersebut, semua wanita pasti menyukai perhiasan berlian asli. Namun harganya yang mahal membuat Anda harus cermat saat akan membeli perhiasan. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sehingga tidak salah saat membelinya. Langsung saja, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui:

Asahan atau Cutting

Asahan atau cutting sangat berpengaruh pada keindahan berlian. Meskipun Anda memiliki berlian besar tapi asahannya kurang tepat dan presisi maka nilainya juga akan berkurang. Saat ini ada tiga jenis asahan yang populer di pasaran yaitu deep cut atau asahan dalam, shallow cut atau asahan dangkal, dan excellent cut. Dari ketiga asahan tersebut, excellent cut merupakan jenis asahan terbaik karena mampu memantulkan cahaya dengan baik.

Bentuk

Bentuk berlian berhubungan dengan kecocokan saat Anda memakainya. Apabila bisa memilih bentuk dengan baik maka Anda bisa menemukan perhiasan berlian yang cocok. Pemilik jari kecil dan tangan yang ramping sangat cocok dengan model princess cut. Sedangkan jari tangan yang lebar cocok dengan bentuk fancy diamond shape. Perhatikan bentuk jari dan tangan Anda sebelum memilih cincin berlian. Hal tersebut juga berlaku ketika memilih gelang, anting, maupun kalung.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Warna atau Color

Hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli perhiasan berlian asli selanjutnya adalah warna atau color. Pasalnya warna berlian akan berpengaruh pada nilai berlian itu sendiri. Berdasarkan standar internasional, berlian bening dikelompokkan menjadi warna D, E, serta F. Lalu kelompok selanjutnya yaitu G sampai Z memiliki warna yang semakin kuning keruh. Namun fancy diamond seperti pink, hijau, dan kuning tidak memberlakukan pengelompokan tersebut.

Kejernihan atau Clarity

Kejernihan berlian akan berpengaruh pada nilainya di pasaran. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan apakah berlian yang dibeli telah mengalami proses untuk meningkatkan kejernihan atau tidak. Pasalnya beberapa berlian di pasaran menyembunyikan retakan dengan cara pengisian dengan zat tak berwarna. Selain itu, ada berlian yang mengurangi inklusi atau tanda alam dengan menggunakan laser.

Berat Carat

Berat carat berbeda dengan besar berlian. Berlian yang berukuran besar belum tentu memiliki berat carat yang tinggi. Jadi 2 berlian dengan berat carat yang sama belum tentu memiliki ukuran yang sama. Pertimbangkan berat carat jika Anda ingin membeli perhiasan berlian.

Sertifikasi

Sertifikat berlian dikeluarkan oleh lembaga yang menguji dan menilai berlian. Fungsinya seperti akta kelahiran karena menampilkan berbagai macam hal mengenai berlian yang diuji atau dinilai. Melalui sertifikat berlian, Anda bisa mengetahui bahwa berlian tersebut terbukti keasliannya.

Jaringan Penjualan

Hal penting yang seringkali dilewatkan beberapa orang ketika akan membeli perhiasan berlian adalah menanyakan jaringan penjualan. Pasalnya jaringan penjualan yang luas bisa memudahkan Anda saat ada masalah. Pastikan juga penjual memberikan layanan purna jual misalnya seperti perawatan dan reparasi gratis dalam beberapa bulan atau tahun.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli perhiasan berlian asli. Anda yang ingin menambah koleksi perhiasan bisa memilih perhiasan dari Mondial dan Miss Mondial. Kedua brand ini berada di bawah Mondial Jeweler yang telah hadir di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Medan. Mondial dan Miss Mondial menghadirkan perhiasan dengan berlian asli yang lengkap.

Ada juga cincin nikah dan cincin tunangan yang membantu menyempurnakan momen spesial Anda. Selain langsung datang ke store Mondial Jeweler terdekat, Anda juga mengunjungi websitenya di mondialjeweler.com.