Berita 2017 Terupdate

Beda Pendidikan Akademik dengan Pendidikan Vokasi

Pendidikan sejak dulu sampai dengan sekarang merupakan salah hal yang paling penting untuk sebagian besar manusia. Oleh sebab itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa melanjutkan sekolah sampai pada tingkat sarjana. Namun tidak semua orang memiliki dana yang lebih, sebagiannya mungkin memilih untuk bekerja kemudian kuliah. Nah, biasanya banyak universitas atau lembaga pendidikan tingkat tinggi sudah menyediakan program ekstensi D3 ke S1 untuk mereka yang saat ini sedang bekerja sambil kuliah.

Apa sih yang dimaksud dengan program ekstensi D3 ke S1?

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum tahu mengenai apa itu program ekstensi. Program ekstensi adalah salah satu program pendidikan yang ada pada beberapa universitas baik swasta atau negeri. Yang dimana Anda sebagai mahasiswa D3 dapat memilih  untuk melanjutkan kembali atau sebaliknya pendidikan ke jenjang berikutnya, yakni S1. Bila Anda memilih untuk melanjutkan kuliah ke tingkat S1, maka mata kuliah yang akan Anda temui akan berbeda dengan mata kuliah di bangku D3.

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Beda Ekstensi/Vokasi dengan Pendidikan Akademik

Sebelum Anda melanjutkan kuliah ke tingkat Sarjana, pendidikan Vokasi harus Anda lakukan terlebih dahulu. Vokasi sendiri adalah program pendidikan tinggi yang menunjang mahasiswanya pada keahlian terapan yang meliputi program pendidikan Diploma satu sampai dengan 4.

Sedangkan pada pendidikan akademik adalah program kuliah yang lebih berfokus kepada penguasaan serta pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi atau seni tertentu yang meliputi program sarjana (S1), Pascasarjana (S2), sampai dengan doktoral (S3).

Beda diantara keduanya terletak pada tujuan yang akan diambil, yakni bila pada pendidikan akademik fokus pada pendalaman materi yang berkaitan dengan penelitian dan problem solving pada jurusan tertentu, maka pada pendidikan Vokasi sebaliknya. Pada pendidikan Vokasi, Anda akan lebih difokuskan kepada kesiapan mental untuk terjun ke dunia kerja. Dan mata kuliah yang disajikan biasanya tidak jauh dari 4W+1H (what, where, who, when, dan how).

Oleh sebab itu untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah, sebaiknya pikirkan kembali pilihan pendidikan yang mana yang akan Anda pilih. Karena fungsi dan tujuan pada kedua pendidikan tersebut berbeda. Kedua tetap harus pilih sesuai dengan minat dan juga kebutuhan Anda.

Lalu, bagaimana bila lulusan Vokasi ingin melanjutkan kuliah melalui program ekstensi D3 ke S1?

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan program ekstensi, sebaiknya Anda ketahui dahulu beberapa hal berikut ini.

Ketahui lebih lanjut apa itu program ekstensi.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, program ekstensi adalah program pendidikan lanjutan setelah Anda lulus pada pendidikan vokasi. Dengan melanjutkan program ekstensi, maka Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun untuk menempuh pendidikan S1 bila dibandingkan dengan program S1 reguler. Jam kuliah pada program ini juga dapat Anda sesuaikan sendiri. Karena biasanya program ini banyak diambil oleh orang-orang yang sudah turun ke dunia kerja, jadi untuk menentukan jadwal kuliah harus disesuaikan dengan jam kantor.

Cari institusi yang melaksanakan program ekstensi

Harus Anda ketahui bahwa tidak semua institusi mengadakan program ekstensi, namun di IDS semua jurusan yang sebelumnya Anda ambil pada pendidikan Vokasi bisa ditemukan.

Memahami dengan detail jurusan yang Anda ambil sebelumnya

Hal ini wajib Anda lakukan, karena bila tidak sesuai dengan linear Anda, maka setidaknya Anda harus mengulang kembali pendidikan pada program S1.

Persiapkan dana dengan baik

Sebelum Anda mengambil program ekstensi, maka Anda harus mencari tahu berapa biaya kuliah yang dibutuhkan sampai lulus. Bila Anda sudah bekerja maka perhitungan ini akan menentukan cara Anda untuk mengelola penghasilan setiap bulan.

Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan program ekstensi D3 ke S1 di IDS? Ayo segera daftarkan diri, dan temukan jurusan S1 yang sesuai untuk Anda.