Berita 2017 Terupdate

Membuat Kalender Kesuburan dengan Cara Mudah

Kehamilan bisa saja terjadi tanpa perencanaan. Tapi faktanya, tidak sedikit pasangan yang harus melakukan program tertentu untuk bisa mendapatkan kehamilan. Salah satu cara yang alami dan banyak dilakukan adalah dengan membuat kalender kesuburan. Dengan kalender ini, kehamilan bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk terjadi dibanding dengan usaha tanpa memperhatikan masa subur.

Membuat kalender masa subur bisa dimulai dengan rutin melakukan pencatatan mengenai siklus menstruasi. Catatan yang dibuat harus detail dan jelas mengenai kapan hari dan tanggal menstruasi pertama kali datang. Setelahnya bisa dilanjutkan dengan mencatat kapan menstruasi selesai. Langkah pencatatan ini harus dilakukan secara konsisten setiap bulan.

kalender kesuburan
                                                                                    kalender kesuburan

Bulan berikutnya, lakukan juga pencatatan yang sama mulai dari hari pertama menstruasi hingga hari terakhir. Selanjutnya akan terlihat bagaimana siklus yang terjadi apakah tergolong normal atau tidak. Siklus bulanan yang normal terjadi dalam waktu 28 hingga 31 hari. Jika kurang atau melebihi waktu itu sudah tergolong siklus bulanan yang tidak normal sehingga perlu ketelitian yang lebih mendalam untuk tahu masa subur.

Kalender kesuburan bisa dibuat dengan menandai kalender. Namun cara itu sudah tergolong cara lama yang ketinggalan zaman. Sekarang sudah hadir alat canggih berupa Femometer yaitu pengukur suhu basal tubuh untuk tahu masa subur. Alat tersebut bekerja dengan terintegrasi pada sebuah aplikasi di smartphone. Hasil yang didapatkan dari pengukuran Femometer akan otomatis diunggah ke aplikasi tersebut.

Sistem di aplikasi kemudian akan menerjemahkan data dari Femometer menjadi informasi yang lebih mudah dimengerti. Dari sini, Anda akan tahu kapan masa subur itu terjadi. Dengan berbekal data dari aplikasi, Anda bisa menentukan apakah ingin menghindari atau justru memanfaatkan masa subur. Karena faktanya masa subur tidak hanya untuk penting untuk program kehamilan tapi juga berguna untuk menundanya.

Kalender kesuburan masa kini hadir sebagai solusi praktis untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan perencanaan kehamilan. Tinggalkan cara rumit dan merepotkan dalam menciptakan kalender masa subur dan mulailah beralih ke cara yang lebih modern dengan memanfaatkan alat canggih Femometer serta aplikasi yang menjadi pelengkap fungsinya.