Berita 2017 Terupdate

5 Manfaat Memainkan Puzzle Bagi Anak

Memilihkan jenis permainan untuk anak memang menjadi hal yang gampang gampang susah. Anda harus memilih permainan yang mendidik namun tetap menyenangkan untuk anak. Dari sekian banyaknya permainan anak yang ada saat ini, puzzle menjadi salah satu pilihan yang tepat. Permainan yang juga dikenal dengan permainan bongkar pasang ini diyakini mampu menstimulasi kedua otak anak sehingga membuatnya menjadi anak yang cerdas. Sebagai pengetahuan, berikut ini adalah manfaat puzzle jika dimainkan oleh anak:

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Bermain puzzle mampu membuat anak untuk fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikannya. Hal tersebut sama saja mereka sedang belajar untuk memecahkan masalah hingga selesai. Mereka akan mulai fokus memperhatikan setiap potong puzzle yang berhubungan untuk bisa menghasilkan puzzle yang utuh.

permainan anak
permainan anak

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Permainan puzzle mengharuskan anak untuk mengambil serta memindahkan kepingannya tanpa merusak permainan yang telah dibuat. Ini berarti mereka sedang meningkatkan kemampuan motorik kasar sekaligus motorik halusnya. Jika kemampuan motorik semakin banyak maka aktivitas makan, menulis, dan bergerak akan jauh lebih mudah.

Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Puzzle sendiri memiliki desain yang beragam dengan warna, bentuk, dan gambar yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat membantu anak untuk meningkatkan koordinasi tangan serta matanya. Mereka akan belajar untuk melibatkan konsentrasi serta gerakan secara bersama-sama agar bisa menyelesaikan permainan yang ada di hadapannya.

Melatih Kesabaran

Ketika anak bermain puzzle, maka mereka membutuhkan fokus tinggi agar bisa menyusun kepingan puzzle menjadi gambar yang utuh. Hal ini mampu melatih kesabaran karena anak harus berusaha menemukan cara agar permainan bisa selesai. Biasanya mereka tidak akan menyerah sebelum permainan puzzle selesai.

Melatih Daya Ingat

Permainan anak ini dapat membantu melatih daya ingat anak karena mereka harus mengingat bagian-bagian yang sudah diambil dan dipasang. Mereka juga dituntut untuk menganalisis ukuran, warna, serta posisi kepingan puzzle agar bisa ditempatkan di tempat yang sesuai.

Itulah 5 manfaat yang akan anak dapatkan jika ia sering bermain menggunakan puzzle. Puzzle sendiri memiliki bentuk yang beragam, Anda bisa memilih jenis puzzle sesuai dengan usia anak. Selain puzzle, masih banyak permainan anak lainnya yang memiliki beragam manfaat baik. Setelah mengetahui manfaat bermain puzzle, kini saatnya Anda mengajak anak untuk bermain bersama.