Berita 2017 Terupdate

Resep Cemilan Ringan Kue Dugo Khas Aceh

Resep Cemilan Ringan – Aceh memiliki makanan khas semua orang pasti tahu, salah satunya adalah mie Aceh, tak hanya mie Aceh saja yang dimiliki oleh daerah yang memiliki Tari Saman ini, tapi memiliki berbagai macam panganan khas yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Aceh.

Kali ini kita akan membuat Resep Cemilan Ringan yang sangat mudah untuk dicoba, bahan-bahannya pun cukup mudah didapatkan, serta rasa dari makanan ini dijamin bikin lidah ingin terus mencicipinya. Ya, Kue Dugo yang merupakan kue khas dari daerah Nangroe Aceh Darussalam ini dibungkus menggunakan daun pisang, berikut bahan dan cara membuatnya:

Resep Cemilan Ringan
Resep Cemilan Ringan
Bahan-bahan Resep Cemilan Ringan Kue Dugo khas Aceh:
  • 500 gr beras ketan yang sudah bersih
  • 100 gr gula pasir Gulaku
  • 2 lembar daun pandan yang sudha di potong-potong
  • ½ sdt garam halus
  • 300 ml santan kelapa kental
  • Kelapa parus yang tidak terlalu tua
  • Daun pisang secukupnya
  • 8 buah pisang raja yang sudah matang
Cara membuatnya:
  1. Beras ketan di kukus hingga setengah matang, setelah itu angkat dan masukan kedalam panci.
  2. Tuangkan santan kelapa yang berisi beras ketang setengah matang tadi, lalu masak sambil daiduk diatas api sedang hingga air menyusut. Angklat dan sisihkan.
  3. Kupas pisang, lalu haluskan sebagian saja. Masukan gula pasir, masukan pisang yang dipotong-potong, garam dan kelapa parut, aduk hingga sampai tercapur.
  4. Ambil daun pisang secukupnya, beri potongan daun pandan, letakan adonan diatas potongan daun pandan tersebut, kemudian bungkus bisa menggunakan sematan tusuk gigi atau digulung.
  5. Kukus adonan hingga matang kurang lebih 25 menit.

Itulah cara membuat makanan khas Aceh Resep Cemilan Ringan Kue Dugo, bahan-bahannya mudah di dapatkan, proses pembuatannya pun cukup mudah dan rasanya sangat menggugah selera. Cocok untuk cemilan di sore hari ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

Ayo, praktekan sekarang juga Resep Makanan tersebut dan jangan lupa untuk menggunakan Gulaku sebagai pemanis alami dan berkualitas untuk masakan, makanan dan minuman Anda.