Berita 2017 Terupdate

Manfaat Makanan Yang Mengandung Protein

Manfaat Makanan Yang Mengandung Protein

Jika tubuh kita senatiasa terpenuhi zat gizinya seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral maka tubuh kita akan senantiasa berada dalam keadaan sehat dan prima setiap saat. Tubuh yang sehat tidak akan menjadi halangan bagi anda untuk melakukan berbagai kegiatan sehari – hari anda. Salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah protein.

Ya, protein merupakan senyawa organik komplek berbobot molekul besar yang terdiri dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.

Sangat diharuskan bagi anda untuk selalu mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein secara rutin setiap hari. Jenis makanan yang mengandung protein tersebut sangatlah banyak sumbernya, sehingga anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut secara bergantian agar anda tidak cepat bosan karena mengkonsumsi jenis makanan yang sama setiap hari.

makanan yang mengandung protein
makanan yang mengandung protein

Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein tersebut haruslah setiap hari secara rutin dan teratur. Mengapa anda harus selalu memperoleh zat gizi protein setiap hari ? jawabannya adalah ternyata protein tersebut memiliki berbagai manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Adapun beberapa manfaat dari makanan yang mengandung protein tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai enzim. Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.
  2. Sebagai alat pengangkut dan penyimpan.Protein yang terkandung daam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit.Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.
  3. Untuk penunjang mekanis. Salah satu protein yang berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.
  4. Sebgai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh. Protein ini biasa digunakan dalam bentuk antibody
  5. Sebagai Media perambatan impuls syaraf
  6. Sebagai pengendalian pertumbuhan. Jika kekurangan protein,bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan pada anak-anak.
  7. Membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya
  8. Mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus, dDimana kedua penyakit ini diakibatkan oleh kekurangan protein.
  9. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, regenerasi sel hingga mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

Untuk lebih mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan manfaat jenis makanan yang mengandung protein serta berbagai informasi lainnya tentang kesehatan, maka anda bisa mengunjungi website Sahabat Nestle yang bisa anda akses di alamat www.sahabatnestle.co.id