Berita 2017 Terupdate

Pentingnya Melestarikan permainan Olahraga Tradisional Indonesia

Pentingnya Melestarikan permainan Olahraga Tradisional Indonesia

0

Permainan olahraga di nusantara memang terbilang sangat banyak sekali. Indonesia sendiri memiliki keberagamaan kesenian dan budaya yang wajib untuk dilestarikan oleh setiap masyarakat di seluruh nusantara.

Permainan olahraga tradisional negara kita bahkan sudah ada beberapa diantaranya yang menjadi suatu cabang olahraga yang sudah dipentaskan pada acara – acara kompetisi olahraga akbar sekelas Sea Games dan beberapa acara besar lainnya. Dengan demikian, kebudayaan kita sedikit banyaknya sudah diakui oleh dunia dalam cabang olahraga yang mana sudah dikenal juga oleh masyarakat di negara – negara tetangga.

permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Beberapa permainan olahraga tradisonal yang sudah mendunia dan juga telah dikompetisikan paca acara olahraga  yang besar diantaranya seperti pencak silat dan sepak takraw. Kedua jenis olahraga ini merupakan cabang olahraga yang sudah dikenal oleh banyak orang di berbagai negara khususnya negara – negara tetangga.

Pencak silat sendiri merupakan salah satu permainan olahraga yang sudah dikenal di berbagai daerah. Bahkan pada tiap – tiap daerah memiliki ciri khas masing – masing dalam pencak silat tersebut yang menjadikan perbedaan tersebut menjadi lebih kaya akan kebudayaan yang dimiliki oleh negara kita. Sementara itu, sepak takraw sendiri merupakan permainan yang sudah ada sejak jaman Kesultanan Malaka, yang mana permainan ini diklaim pertama kali menjadi suatu permainan yang lahir di Pulau Sulawesi.

Olahraga tradisional bahkan tidak hanya sebatas sepak takraw dan pencak silat saja, masih ada cukup banyak deretan olahraga tradisonal lainnya yang tidak kalah terkenal selain permainan – permainan tersebut. Beberapa diantaranya seperti pacu jalur, karapan sapi asal Madura, permainan benteng dan beberapa permainan olahraga lainnya yang merupakan khas dari daerah.

Maka dari itu, penting untuk setiap orang yang merupakan warga negara Indonesia untuk tetap melestarikan kebudayaan tersebut. Karena tidak mungkin beberapa olahraga atau permainan tradisional lainnya masih bisa menjadi suatu cabang olahraga yang dipertontonkan dan dikompetisikan pada suatu acara olahraga yang besar sekelas Sea Games dan beberapa acara yang berkelas lainnya untuk meningkatkan derajat negara kita menjadi semakin lebih tinggi lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.