Berita 2017 Terupdate

Tips Persiapkan Dokumen Sebagai Cara Klaim Asuransi

Tips Persiapkan Dokumen Sebagai Cara Klaim Asuransi

Disaat kendaraan anda mengalami kemalangan, seperti kerusakan akibat bencana alam, musibah atau kehilangan akibat tindakan kriminalitas, maka segera ajukan klaim di hari yang sama atau sebelum lewat batas waktu klaim. Cara klaim asuransi yang tepat akan membuat proses pertanggungan kendaraan jadi lebih cepat dan mudah pula. Untuk itu, anda harus segera melakukan beberapa persiapan untuk memudahkan proses klaim tersebut, salah satunya adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim.

Dokumen ini sangat penting karena akan dijadikan sebagai acuan pihak asuransi untuk memutuskan nilai pertanggungan yang dibutuhkan. Berdasarkan ketentuan dari Asuransi kendaraan Autocillin, Berikut ini adalah beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk memperlancar proses klaim, diantaranya:

Cara Klaim Asuransi
Cara Klaim Asuransi
  1. Membuat salinan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih berlaku
  2. Membuat salinan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang masih berlaku
  3. Mempersiapkan kelengkapan dokumen lainnya sesuai dengan jenis klaim yang diajukan

Dengan melakukan cara klaim asuransi yang benar, maka proses penggantin pun bisa dilakukan dengan cepat. Banyak pemilik asuransi yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan klaim karena dokumen yang tidak lengkap. Mereka hanya ingin menerima fasilitasnya tanpa memperhatikan prosesnya. Untuk itulah, jika anda sudah mengasuransikan kendaraan anda, maka semua dokumen yang diperlukan harus tersedia dengan lengkap.

Pastikan anda mengingat dan memahami apa saja kebijakan dan peraturan yang dimiliki pihak asuransi saat pertama kali anda mendaftarkan kendaraan untuk diasuransikan. Semua ketentuan yang berlaku tidak akan ada kata maaf jika dilanggar. Artinya, ketentuan yang tidak dipenuhi akan semakin mempersulit proses klaim asuransi kendaraan anda.

Keadaan akan semakin parah jika ternyata kerusakan atau kehilangan kendaraan tersebut terjadi akibat anda atau pengemudi itu sendiri. Cara klaim asuransi seperti ini justru tidak akan membuahkan hasil separah apapun keadaan kendaraan anda, karena pihak asuransi hanya akan menghitung penggantian berdasarkan kerusakan atau kehilangan akibat bencana, gunung meletus, banjir, kebakaran, perampokan dan penyebab lainnya yang suda tercantum dalam kebijakan dan aturan dari masing – masing pihak asuransi.