Berita 2017 Terupdate

5 Faktor Penyebab Anak Terlambat Bicara Yang Sering Terjadi

0

Orang tua tentu khawatir ketika perkembangan buah hatinya tidak berjalan dengan normal. Banyak terjadi kasus yang terjadi yaitu anak terlambat bicara pada proses tumbuh kembangnya. Hal ini membuat orang tua cemas dan menimbulkan berbagai prasangka. Karena itu orang tua harus tahu kondisi anak dan jika ragu-ragu bawalah anak ke dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan. Kenali beberapa faktor penyebab anak terlambat bicara dibawah ini.

  • Faktor fungsional

Faktor fungsional adalah ketika organ tubuh atau saraf belum berfungsi dengan baik. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena seiring waktu akan membaik. Karena faktor ini bukan dikarenakan kerusakan organ tubuh atau saraf, hanya saja sistem saraf belum berfungsi dengan baik.

  • Faktor non-fungsional

Nah, jika hal ini yang menyebabkan, maka anda perlu khawatir dan melakukan tindakan yang tepat. Faktor non fungsional adalah ketika organ tubuh atau saraf tidak berfungsi, atau dengan kata lain terjadi kerusakan atau cacat. Anda hanya bisa mengambil pilihan membawa ke dokter dan melakukan operasi.

  • Faktor keturunan

Ternyata keturuan juga dapat menjadi penyebab anak terlambat bicara. Hal ini terjadi jika salah satu atau mungkin kedua orang tua anak mengalami gangguan yang keterlambatan. Sehingga gen yang diturunkan pada anak juga memiliki karakter yang sama.

  • Kurang stimulus

Pada proses tumbuh kembang anak, stimulus menjadi hal yang sangat penting. Hal ini untuk merangsang fungsi saraf agar bekerja dengan baik. Jika kondisi tubuh anak normal maka hal yang perlu dilakukan adalah memberikan stimulus yang cukup dapa anak.  stimulus ini yang akan merangsang fungsi kerja saraf dan menimbulkan tindakan atau perilaku.

  • Terlalu banyak mengajarkan bahasa

Pada usia pertumbuhan, anak akan menyerap segala informasi dari orang disekitar pada otak. Ketika orang tua sering berbicara pada anak dengan berbagai bahasa, maka ada kemungkinan otak anak mengalami kesulitan mengolahnya.

Itulah beberapa faktor yang perlu anda ketahui jika anak terlambat bicara. Sebagai orang tua maka wajib mengetahui tahap dan proses perkembangan anak, agar bisa melakukan control dan mengambil tindakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.