Berita 2017 Terupdate

Teori Strategi Humas untuk Pemasaran

Teori strategi humas dibutuhkan sekali untuk pemasaran. Fungsi dari humas pemasaran adalah untuk membujuk, mempengaruhi dan menarik perhatian masyarakat sebagai konsumen untuk mencapai peningkatan pemasaran suatu produk. Untuk langkah humasnya bisa dilakukan melalui pendekatan secara langsung face to face maupun melalui media komunikasi.

Pertama, mungkin melalui pengenalan dan penjelasan tentang produk atau merek yang dipasarkan. Sehingga, para konsumen tahu apa produk tersebut, apa manfaatnya dan kelebihan dari produk tersebut daripada yang lainnya. Setelah proses pengenalan, mungkin baru mulai ke pembuktian bagaimana kinerja produk itu dan apa saja kemudahan yang didapat nantinya.

Mungkin setelah itu, ada konsumen yang tertarik dan ingin membelinya. Kalau sudah seperti itu berarti strategi humas pemasaran ini tercapai sesuai tujuan perusahaan. Untuk mencapai itu, diperlukan kalimat-kalimat yang menarik dan bisa memotivasi seseorang agar mau mengikuti yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain melalui tatap muka secara langsung, humas bisa dilakukan via media sosial. Karena begitu pengguna media sosial seperti pada facebook, twitter, instagram dan lainnya, bisa dimanfaatkan sebagai upaya promosi produk atau perusahaan.

Ada tiga unsur teori strategi humas pemasaran yaitu Pull Strategi mempunyai kemampuan untuk menarik. Kemudian ada Push Strategy kekuatan mendorong pembelian dan Pass Strategi memperngaruhi dan menciptakan anggapan baik. Jadi, kalimat-kalimat yang dikeluarkan harus mempunyai kekuatan, dapat mempengaruhi dan mampu menciptakan suatu opini baik.

Teori Strategi Humas untuk Pemasaran

Peranan humas pemasaran ini harus bisa memupuk citra positif terhadap suatu perusahaan serta produk yang dipasarkan di mata masyarakat atau konsumen. Selain itu, juga harus bisa meningkatkan kepercayaan konsumen atas pesan yang disampaikan dari hubungan masyarakat itu. Sehingga, nantinya publik memberikan dukungan kepada perusahaan menuju kesuksesan yang diinginkan.

Strategi humas pemasaran sangat diperlukan karena ingin meningkatkan keuntungan perusahaan. Tak hanya itu, persaingan yang ketat di lapangan membuat perusahaan mesti gencar melakukan sosialisasi melalui humas ini. Bisa dibilang kalau humas ini mempengaruhi kemajuan dan kemunduran suatu perusahaan. Karena sangat pentingnya humas, tak heran bila sebuah perusahaan banyak mencari tenaga humas yang ahli dan pandai merangkai kata-kata.