Berita 2017 Terupdate

Tahap-Tahap Perkembangan Janin Minggu 1 sampai 5

Saat mengetahui kehamilan yang dialami para ibu tentunya akan sangat gembira karena dengan kehamilan berarti genarasi penerus dan sekaligus penyempurna kebahagiaan dalam keluarga telah lahir. Dari itu saat mulai diketahui kehamilan maka mengetahui pula bagaimana perkembangan janin tiap minggunya  menjadi saat-saat yang selalu dinantikan oleh ibu hamil. Pada berbagai tahap perkembangannya janin memiliki perkembangan yang berbeda pula pada setiap minggu dalam kandungan ibu.

Lalu bagaimana perkembangan janin tiap minggunya tersebut, berikut ini kami bahas secara ringkas mengenai perkembangan janin pada minggu 1 sampai minggu ke 5.

Minggu ke satu, pada tahap awal ini merupakan awal pembuahan dari jutaan sel sperma yang menuju sel telur. Dari jutaan sel sperma ini hanya satu saja yang berhasil membuahi sel telur dan menjadi calon janin pada rahim ibu. Tahap ini pula janin sudah memiliki bekal genetik berupa 23 jenis kromosom manusia awal.

Minggu ke dua, pada akhir minggu ke dua ini setelah 30 jam sel telur yang telah dibuahi sebelumnya terbelah menjadi dua. Perkembangan janinnya terus membelah sambil terus bergerak menuju lubang falopi ke rahim dengan pembelahan sampai 32 sel telur. Tahap ini disebut morula dengan tahap perkembangan yang bertambah dan telah membantu blastocyst terpaut pada endometrium.

Minggu ke tiga, pada usia 3 minggu janin telah menempel pada dinding rahim atau yang disebut dengan blastosit dengan ukuran yang kecil diameter 0.1-0,2 mm, juga telah melakukan pembelahan menjadi ratusan sel untuk membentuk organ tubuh.

Minggu ke empat, seorang ibu pada usia sudah mulai memeriksakan dirinya ke dokter untuk mengetahui dirinya hamil apa tidak. Dan hasil positif kehamilan sudah didapat. Selain itu pada hasil pembuahan sperma dan sel telur juga memproduksi hormon kehamilan.

Minggu ke lima, pada minggu ini mulai terbentuk lapisan pada janin yaitu lapisan ectoderm, mesoderm, dan lapisan endoderm. Lapisan-lapisan tersebut membentuk akan organ-organ penting pada janin kedepannya. Mulai berhati-hati dalam berkegiatan dan juga dari konsmsi makanan dan minuman akan bisa mempengaruhi akan perkembangan janin selanjutnya.