Berita 2017 Terupdate

Perkembangan Janin Dalam Rahim Usia 4 Bulan

Janin yang ibu kandung setiap minggunya mengalami perubahan dan pertumbuhan yang cukup signifikan, apalagi kondisi ibu yang sehat akan berdampak baik pula bagi kesehatan janin yang di kandungnya. Usia kandungan dibawah 4 bulan biasanya membutuhkan perhatian yang sangat ekstra, karena di usia tersebut rentan terhadap kondisi janin yang tidak sehat bahkan mengalami keguguran, untuk itu ibu yang sedang hamil di usia kurang dari 4 bulan harus tetap menjaga perkembangan janin yang di kandungnya. Mungkin ibu penasaran dengan kondisi perkembangan janin dalam rahim usia 4 bulan, dan hal apa sajakah yang terjadi pada usia kehamilan 4 bulan tersebut?

  1. Di usia kandungan 4 bulan, biasanya sudah mengalami perubahn pada sang janin, begitu juga dengan kondisi ibunya. Memasuki usia trimester kedua ini janin sudah berbentuk jelas menyerupai bayi, meskipun belum begitu sempurna dan inilah awal dari perubahan secara signifikan yang akan dialami oleh sangn bayi dalam kandungan mengalami perubahan secara fisik atau organ yang sangat cepat.
  2. Dalam Islam, usia kandungan 4 bulan inilah bayi diberikan ketetapan dari Allah mengenai hidupnya nanti, seperti jodoh, rezeki, kematian dan lainnya. Biasanya umat Islam akan melakukan syukuran 4 bulanan usia kandungan untuk memanjatkan do’a-do’a kepada Yang Maha Kuasa.
  3. Pada usia kehamilan 4 bulan tersebut, beratnya baru antara 25 gram di awal bulannya dan sampai sekitar 130 gram di akhir bulan. Dan janin sudah mulai melakukan pergerakan kecil dan tubuh yang mendetail sudah mulai terbentuk secara jelas.
  4. Jantung sudah mulai berdetak untuk menyuplai darah pada janin yang sudah tumbuh berkembang, di bulan ke 4 inilah juga janin sudah menyerupai bayi dan meskipun ukurannya belum sepenuhnya sempurna.
  5. Panjang bayi sekitar 7,5 cm dan jari jemari kaki dan tangannya sudah mulai terbentuk, begitu organ lainnya pun sudah mulai terbentuk sedikit demi sedikit.

Itulah sekilas penjelasan mengenai perkembangan janin dalam rahim di usia 4 bulan dan masih banyak lagi perkembangan lainnya yang terjadi pada bayi dalam kandungan tersebut.