Berita 2017 Terupdate

6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Mudah Dengan Mudah dan Praktis

Untuk anda yang sedang hamil muda maka salah satu hal yang sering dialami kebanyakan wanita yaitu adanya rasa mual. Rasa mual ini sebenarnya tidak berbahaya bagi ibu hamil karena merupakan hal yang normal bahkan bisa jadi ciri kandungan yang sehat. Kondisi mual saat hamil juga bisa menjadikan sang ibu menjadi lebih semangat untuk lebih memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi mual saat hamil juga bisa menjadi berbahaya jika dalam frekuensinya sangat banyak dengan muntah-muntah yang berlebihan. Jika hal ini terjadi maka ada beberapa cara mudah dalam mengatasi mual saat hamil.

  1. Perhatikan kondisi saat bangun tidur. Mual yang terjadi pada saat bangun tidur terutama pagi hari maka untuk mengatasinya cobalah untuk bangun secara perlahan dari tempat tidur anda. Selain itu bisa juga dengan memakan sepotong biskuit atau roti sebelum anda berdiri.
  2. Hindari pakaian yang ketat. Mual saat hamil bisa juga diatasi dengan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Terutama yang ketat pada bagian pinggang, dengan begitu tubuh anda akan merasa bebas tidak tertekan.
  3. Hindari berbagai bau yang menyengat. Berbagai bau yang tercium seperti bau aroma makanan juga bisa membuat anda merasa mual. Dari itu hindari hal-hal tersebut seperti saat anda memasak makanan tertentu.
  4. Jauhi makanan berlemak. Makanan yang mengandung lemak juga bisa membuat anda mudah mual. Ini karena makanan berlemak memerlukan proses yang cukup lama untuk dicerna sehingga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.  
  5. Menjaga kesehatan mulut. Kesehatan mulut harus tetap dijaga karena bisa bisa membuat rasa mual pada ibu hamil. Untuk itu rajinlah dalam menggosok gigi dan berkumur minimal setelah anda makan.
  6. Segera menghubungi dokter. Saat mual yang dirasakan ibu hamil sudah dirasa sangat mengganggu bahkan sampai membuat ibu hamil lemas sampai tidak bisa berdiri. Maka cara yang penting untuk dilakukan yaitu dengan membawanya segera ke dokter kandungan atau bidan yang dipercaya.