Berita 2017 Terupdate

7 Buah Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil, ibu membutuhkan nutrisi yang cukup bagi kesehatannya, terutama pada janin yang dikandungnya. Ada banyak pantangan dan ada juga yang harus dijalankan oleh ibu hamil terutama makanan yaitu buah buahan yang baik untuk ibu hamil. Ada banyak jenis buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu perkembangan pada sang janin.

Tapi, ibu juga harus ingat bahwa banyak buah buahan yang baik untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi dengan teratur dan seimbang agar kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin terpenuhi dengan baik. Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan:

  1. Mangga, buah yang identik dikonsumsi oleh ibu hamil ini adalah jenis mangga muda, karena rasa manis asamnya tersebut dapat meredakan rasa mual dan muntah, tapi kandungan kalium, vitamin A, vitamin C pada buah mangga sangat baik untuk kesehatan ibu. Diantaranya adalah vitamin C untuk menangkal radkal bebas, kalium untuk menjaga tekanan darah, serta vitamin A untuk menjaga penglihatan dan sistem saraf pada bayi. Dan serat yang terkandung dalam mangga dapat mencegah konstipasi pada saat ibu hamil.
  2. Jambu biji, kandungan vitaminnya yang cukup banyak seperti vitamin A, vitamin C, serat, fosfor, kalium, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, dan dapat mencegah terjadinya demam berdarah.
  3. Jenis beri-berian. Seperti raspberry, strawberry dan blueberry, mengandung vitamin C yang cukup tinggi, fungsi kalium untuk menjaga tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf, dan serat membantu sistem pencernaan.
  4. Jeruk, mengandung folat, vitamin C, serat dan sekitar 90% kandungan airnya dapat membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Karena kekurangan cairan dapat menjadikan tubuh lemas dan tidak bersemangat, kandungan folat pada jeruk dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sehingga mencegah bayi lahir cacat.
  5. Buah kiwi, kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit.
  6. Buah manggis, mengandung vitamin C, antioksidan, folat, yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil serta perkembangan pada janin.
  7. Buah semangka, kandungan air pada buah semangka dapat membantu mencegah kekurangan cairan pada tubuh, juga dapat mengatasi bengkak pada kaki atau bagian tubuh lainnya pada saat ibu hamil.

Mana buah yang akan Anda pilih? Semuanya sehat dan baik, konsumsi setiap hari dengan porsi yang teratur pula agar tubuh ternutrisi dengan baik.