Berita 2017 Terupdate

Tips Sederhana yang Dilakukan Untuk Meredakan Rasa Mual

Rasa mual yang hadir saat proses kehamilan mungkin akan merepotkan bagi beberapa ibu hamil. Khususnya bagi mereka yang baru pertama kali merasakan proses tersebut. Sebetulnya rasa mual tersebut bisa diredakan dengan melakukan beberapa tips sederhana di bawah ini.

Tips untuk mengatasi mual saat hamil adalah:

  • Rajin berolahraga. Seorang ibu hamil bukan berarti tidak boleh beraktivitas maupun berolahraga. Akan tetapi olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan bagi seorang ibu hamil. Dengan berolahraga maka ia akan melatih otot-otot yang ada di sekitar tumbuhnya dan melatih kebugaran dirinya dan tidak gampang merasa mual. Akan tetapi olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil tidak boleh sebuah olahraga yang akan menguras fisik dan stamina mereka. Lakukanlah olahraga sederhana seperti jalan-jalan di pagi hari atau sore hari.
  • Perbanyak minum air putih. Intensitas muntah yang cukup sering akan menyebabkan seorang ibu hamil kehilangan cairan yang cukup banyak. Oleh karena itu mereka harus mampu mengganti cairan yang telah dikeluarkan tersebut dengan cara memperbanyak minum air putih. Minumlah air putih hangat khususnya ketika selesai muntah. Air hangat bisa menjadi salah satu media yang mampu meredakan rasa mual, karena rasa hangat yang ada dalam air putih tersebut akan terasa nyaman di sekitar organ pencernaan kita jika dibandingkan dengan air dingin atau air es.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas. Makanan yang mengandung gas berlebihan menyebabkan Perut terasa penuh dan mual. Makanan makanan tersebut diantaranya adalah makanan yang berasal dari proses fermentasi seperti tape, yoghurt dan berbagai macam makanan permentasi lainnya.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. Bagi ibu hamil yang memiliki kegemaran mengkonsumsi gorengan dan berbagai macam makanan yang mengandung minyak berlebih harus menunda dulu kebiasaan tersebut. Karena makanan tersebut akan mampu menyebabkan rasa mual di sekitar perut karena kandungan minyak yang ada di dalamnya tidak bisa langsung diuraikan dan akan menyebabkan rasa mual.

Semoga dengan melakukan langkah-langkah sederhana tersebut maka kita bisa mengatasi mual saat hamil.