Berita 2017 Terupdate

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 4 Bulan

Bayi yang masih berumur 4 bulan akan sangat senang sekali mengekspresikan diri dengan cara memberikan senyuman, tertawa, degukan dan juga celotehan. Berikut ini adalah pertumbuhan dan juga perkembangan bayi usia 4 bulan.

perkembangan anak

  • Pertumbuhan bayi 4 bulan. Berat badan bayi yang masih berusia 4 bulan biasanya akan terus bertambah 2 kali lipat dari berat badan ketika bayi lahir. Jika kita merasa khawatir bayi kita tidak akan mendapatkan asupan gizi yang sangat baik atau pun berat badan yang berkecukupan, maka kita harus segera berkonsultasi dengan dokter anak yang ada di dekat kita.
  • Pertumbuhan gigi pada bayi yang berusia 4 bulan. Pada umumnya bayi yang baru giginya akan tumbuh  pada usia 8 bulan, namun ada juga sebagian bayi yang giginya telah tumbuh ketika bayi tersebut berusia 4 bulan. Tanda-tanda bayi yang sudah mau mengalami pertumbuhan gigi yaitu ruam pada wajah dikarenakan air liur, ngiler, akan menggigit suatu objek untuk dapat mengurangi rasa gatal, akan hilang selera untuk makan, rewel, akan menarik telinga kanan atau pun mengucek pipi yang terasa sakit dan juga diare.
  • Perkembangan kemampuan motorik. Untuk perkembangan motorik yang halus, bayi kita akan semakin terampil. Bayi akan mulai bisa melakukan pemindahan mainan atau pun objek yang lainnya dengan menggunakan kedua tangannya. Bahkan bayi tersebut akan mengepal apa saja yang tentunya bisa bayi capai termasuk juga rambut kita, boneka yang digantung dan juga objek warna atau pun objek yang berkilau yang digantung dan tentu saja berada di dekatnya seperti kalung, anting dan yang lainnya. Sedangkan untuk tumbuh kembang pada bayi yang berusia 4 bulan dari hal motorik kasar yaitu kepalanya tidak lagi akan terhuyung-huyung pada saat ini. Bayi yang berusia 4 bulan secara umum telah mempunyai kontrol kepala yang sangat baik ketika anak kita dudukan dan juga sudah mampu menahan kepala dan juga lehernya ketika anak tengkurap. Anak juga sudah mampu menendang dan juga mendorong dengan menggunakan kakinya. Bahkan sudah ada bayi yang telah mamkpu untuk melakukan guling telentang dari posisi tengkurap. Pertama kalinya bayi akan berguling secara umum dari posisi tengkurap ke posisi telentang. Bentuk pada perut bayi yang bulat akan memungkinkan bayi untuk melakukan ayunan dari sisi kanan dan juga sisi kiri, kemuian akan membalikan badannya. Doronglah anak kita untuk melakukan berguling dengan cara menaruh mainan yang disukai oleh anak dan sedikit diluar jangkauan anak. Anak akan melakukan hal tersebut lagi dan mencoba untuk melakukan gerakan berguling.
  • Tumbuh kembang bayi Tidur. Ketika bayi baru berumur 4 bulan tentunya sudah bisa tidur nyenyak di malam hari, biasanya 7 sampai 8 jam anak akan tidur. Belum lagi ditambah dengan tidur di siang hari yaitu 2 kali, jadi total bayi tidur dalam satu hari yaitu antara 14 sampai 16 jam perharinya.
  • Pertumbuhan Indera Pada Bayi 4 Bulan. Pada bulan ketiga bayi akan kesulitan dalam hal membedakan kontras warna sehingga membuat anak akan lebih tertarik dengan warna yang terang dan juga objek yang hitam. Namun pada usia 4 bulan, penglihatan anak akan semakin tajam. Anak akan mulai bisa melihat kontras warna yang samar seperti warna kancing biru pada kemeja biru. Jangkauan penglihatan anak juga akan semakin jauh namun biasanya anak masih lebih menyukai untuk dapat memperhatikan orang di dalam jarak yang dekat.

Itulah perkembangan bayi usia 4 bulan yang wajib kita ketahui agar kita semakin nyaman ketika merawat anak karena akan melakukannya dengan cara yang benar dan juga dengan cara yang tepat.