Berita 2017 Terupdate

Kenali Alergi Makanan yang Terjadi Pada Buah Hati

Alergi makanan yang seringkali terjadi pada tubuh anak, lebih disebabkan karena sistem imun pada tubuh anak salah memberikan respon terhadap kandungan protein yang dimiliki oleh makanan tersebut, dimana protein oleh sistem imun tubuh anak dianggap sebagai suatu zat yang berbahaya bagi tubuh. Namun demikian tidak semua protein yang dimiliki oleh semua makanan direspon sebagai suatu zat yang mengancam oleh sistem imun tubuh anak. Cara utama untuk kenali alergi pada anak yang disebabkan oleh makanan, adalah mengetahui makanan pemicu yang dapat menimbulkan reaksi alergi itu sendiri.

Alergi makanan yang terjadi dalam tubuh seorang anak, biasanya dalam ilmu kedokteran, lebih disebabkan karena makanan yang dapat memicu zat-zat antibodi tertentu dalam tubuh seorang anak. Adapun jenis alergi makanan yang didasarkan pada zat pemicu dalam tubuh anak, antara lain adalah:

  • Immunoglobulin E, yang merupakan sebuah zat antibodi yang terdapat pada sistem imun tubuh anak, dan ketika anak menelan makanan yang dapat memicu produksi berlebihan dari zat ini, maka secara otomatis pada tubuh anak akan mengeluarkan reaksi alergi secara langsung.
  • Non-Immunoglobulin E, merupakan zat lain yang terdapat pada sistem tubuh anak, dimana ketika makanan yang ditelan memproduksi secara berlebih zat ini, maka reaksi alergi yang ditimbulkan akan berjarak lama dari waktu menelan makanan tersebut.

Walaupun perbedaan waktu timbulnya reaksi alergi terdapat pada masing-masing jenis alergi tersebut diatas, namun gejala yang timbul tetap memiliki kesamaan dimana pada tubuh anak akan muncul ruam merah pada kulit yang gatal, gatal didalam tenggorokan, sulit menelan, pembengkakan yang terjadi pada area sekitar wajah dan mulut, serta mual dan muntah.

Meskipun terlihat tidak begitu berbahaya, namun pada kenyataannya reaksi alergi yang dibiarkan dapat menyebabkan kondisi anafilasik pada anak atau kondisi alergi menjadi lebih parah dan membahayakan bagi kesehatan tubuh anak. Kenali solusi alergi anak sedini mungkin, dan hindarkan anak dari makanan yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi, agar tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.