Berita 2017 Terupdate

5 Fakta Menarik Buah Yuzu dari Jepang

Yuzu, buah dengan ciri kecil, kuning dan beraroma harum. Itulah tiga karakteristik utama yang dapat ditemukan dari buah Yuzu. Buah yang berwarna kuning ini memiliki dengan berat 120-130 gram. Kulitnya kasar dan tebal serta dahannya berduri memiliki citarasa dan aroma menyegarkan layaknya jeruk pada umumnya. Namun dari tekstur dan karakteristik buah ini sepertinya buah ini merupakan campuran antara buah lemon dan buah jeruk mandarain.

Berikut kami akan sajikan beberapa Fakta menarik dari buah ini.

1. Asal Mulanya dari Asia Tengah

Meskipun terkenal di Jepang, buah ini sebenarnya berasal dari Asia Tengah, China dan Tibet. Itu kenapa, bila jeruk ini tahan dan mampu tumbuh di daerah-daerah dingin seperti Osaka Utara, Jepang yang mencapai suhu hingga -9 derajat celsius.

2.Kaya nutrisi

Meskipun dari tubuhnya yang kecil, buah ini mengandung banyak sekali nutrisi. Terdapat 150mg Vitamin C per 100 gram buah kuning ini, yang mana kandungan vitamin C nya lebih banyak 3 kali lipat daripada jeruk Lemon. Belum banyak yang tahu bahwa jeruk ini mengandung vitamin P yang sanggup melancarkan aliran darah. Sehingga buah ini memiliki khasiat untuk menyeimbangkan tekanan darah.

3.Tahan lama

Buah ini termasuk jenis jeruk yang kuat bertahan cukup lama. Setelah dipanen, buah ini mampu bertahan selama 3 minggu. Namun bila ditempatkan di udara dingin atau disimpan di lemari pendingin. Sehingga banyak orang Jepang mengonsumsi buah ini tidak secara langsung, namun di olah terlebih dahulu seperti dibuat minuman menyegarkan contohnya jus, sirup atau teh.

4.Cuaca mempengaruhi rasa

Buah yang dikembangkan di Jepang ini, dapat dibedakan dari tempatnya pembudidayaannya. Bila dibudidayakan di area hangat, seperti Wakayama, rasa buah ini cenderung lebih manis dengan bentuk yang lebih bulat. Sedangkan bila dibudidayakan di daerah beriklim dingin, seperti Osaka Utara, jeruk ini tidak terlalu manis tetapi memiliki kualitas aroma yang kuat seperti buah lemon.

5.Baik untuk bahan obat-obatan dan kosmetik

Tidak hanya buahnya bahkan bijinya pun bisa digunakan untuk obat iritasi dan gatal-gatal pada kulit, dengan cara bijinya direndam dalam alkohol. Selain itu ekstrak buah yuzu dapat dibuat minyak yang bisa digunakan sebagai kosmetik alami untuk relaksasi dan pengalus kulit. Tingginya kandungan vitamin C yang ada pada buah yuzu  dapat mencerahkan kulit.

Sekarang ini yuzu adalah minuman segar dalam kemasan botol yang terbuat dari daun teh asli dan buah citrus/jeruk Yuzu asli dari Jepang. Buah Yuzu berasa unik dengan kombinasi asam dan sedikit manis, berkhasiat baik untuk kecantikan kulit yang sehat.

Buah Yuzu memiliki kadar antioksidan cukup tinggi karena mengandung Vitamin C 3x lebih banyak daripada lemon. Dalam setiap produk YUZU terdapat sari buah Yuzu asli, yang telah melalui proses higienis. Demikian 5 fakta menarik yang ada pada buah ini.