Berita 2017 Terupdate

Trik Mengajari Anak Berhitung

Jika Anda memiliki anak yang susah untuk diajak belajar, jangan paksakan anak untuk belajar, biarkan sampai ia benar-benar sadar dan mau untuk belajar. Biasanya anak akan sulit untuk memahami pelajaran menghitung, belajar berhitung merupakan pelajaran yang harus diajarkan kepada anak-anak sejauh usia dini, karena menghitung akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung pelajaran menghitung harus dimulai dari dasarnya, apalagi anak-anak yang belum begitu paham dengan pelajaran menghitung atau matematika.

Lakukan pendekatan secara persuasif kepada anak akan agar mau belajar dan terapkan jadwal kegiatan sehari-hari agar mudah terkontrol oleh orang tua. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi.

Pelajaran yang diajarkan pada anak akan menyerap dengan baik, karena memori pada otaknya pun masih kosong dan harus diisi dengan berbagai pelajaran positif dan bermanfaat bagi dirinya. Jika anak Anda susah untuk diajari pelajaran berhitung, coba lakukan dengan trik-trik unik dan edukatif agar anak mau belajar, seperti melakukan permainan namun dalam kontek belajar, tebak angka yang telah dibuatkan dengan berbagai warna-warni menarik, gambar yang lucu, kemudian tulis angka-angka tersebut dengan menggunakan gambar, contohnya tiga kelinci gambar dengan 3 ekor kelinci ditambah dengan 2 ekor sapi yaitu menggambar 2 ekor sapi kemudian jumlahkan dengan jawaban gambar tersebut, sapi 3 ekor dan kelinci tiga ekor.

Trik yang kedua Anda bisa membuat permainan edukatif lainnya dengan petak umpet, biarkan anak Anda menghitung kemudian Anda sembunyi di suatu tempat dan setelah itu ia harus mencari Anda ke berbagai sudut d rumah, kemudian temukan angka-angka menarik yang telah Anda sembunyikan sebelumnya di atas meja, di dekat pot bunga, dan sebagainya. Dengan cara itu, anak dilatih untuk bergerak dan memecahkan suatu masalah di sekitarnya.

Cukup mudah, bukan? Lakukan kegiatan-kegiatan unik lainnya untuk mengajar anak belajar berhitung dengan cara yang tidak biasa agar anak merasa terhibur dan tidak jenuh dalam menerima pelajaran. Berikan juga anak Anda nutrisi yang baik di usianya yang tepat, karena beda usia beda juga nutrisinya.