Berita 2017 Terupdate

Parenting Indonesia: Pembagian Tugas Ayah dan Ibu Jadi Hal yang Penting

0

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak-anaknya. Tak hanya pertumbuhan fisiknya saja, akan tetapi orang tua juga bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan perilaku dan kecerdasan anak. Oleh karenanya beberapa hal dalam ilmu parenting Indonesia yang hadir di sekitar harus dipelajari dengan baik guna menjadi modal bagi orang tua untuk mengurus dan membesarkan anaknya dengan cara yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak. Ketika tertanam janin dalam rahim seorang ibu, ayah dan ibu dari janin tersebut harus mulai mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis untuk menyambut lahirnya buah hati anda.

Mengingat pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak, maka sedini mungkin antara ayah dan ibu harus mulai mendiskusikan bagaimana pola asuh yang akan diterapkan kepada anak-anak mereka saat telah lahir dan tumbuh di masa kemudian. Kesepakatan pola asuh antara ayah dan ibu dari seorang anak merupakan hal yang sangat penting dalam parenting Indonesia. hal tersebut karena, keseragaman cara mendidik atau dalam hal ini konsep pendidikan orang tua harus berkesinambungan. Jangan sampai terlihat hal yang berlawanan antara pola asuh yang diterapkan ayah dengan pola asuh yang diterapkan oleh seorang ibu.

Munculnya pertentangan atau semacam hal yang terlihat berlawanan di mata anak dari pola asuh antara ayah dan ibu, justru dapat berdampak buruk pada psikologis dan karakter anak di masa yang akan datang. Bagaimana tidak, saat muncul pertentangan pola asuh di mata anak, anak akan mencari perlindungan dan tempat bermanja diantara ayah dan ibu. Dalam  ilmu parenting Indonesia, pertentangan pola asuh yang tertampil justru akan membentuk anak menjadi pribadi yang terbiasa melakukan kesalahan. Artinya, anak akan merasa biasa saja dalam melakukan kesalahan karena anak merasa ada yang melindungi dan mendukung apa yang ia lakukan. Mengingat buruknya akibat dari perbedaan pola asuh yang diterapkan ayah dan ibu, maka sudah sangat layak dan penting bagi orang tua untuk menyusun konsep pendidikan anak yang kan diterapkan sedini mungkin bahkan sebelum anak lahir bila memungkinkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.