Berita 2017 Terupdate

Universities in Indonesia Jogjakarta

Jogjakarta dikenal sebagai Kota Pelajar mengingat banyaknya sekolah serta perguruan tinggi yang ada di sana. Salah satu dari universities in Indonesia yang dapat kita temukan di Jogjakarta adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Bersama dengan Universitas Indonesia atau UI di Jakarta dan Institut Teknologi Bandung, UGM menjadi salah satu universitas terbaik papan atas yang ada di Indonesia. UGM sendiri didirikan pada 19 Desember 1949 serta menjadi universitas pertama di Indonesia yang didirikan setelah proklamasi kemerdekaan. Pada awal berdirinya, UGM hanya terdiri dari enam fakultas. Namun kini seiring perkembangannya, telah hadir delapan belas fakultas serta dua sekolah, yaitu Sekolah Pascasarjana serta Sekolah Vokasi.

UGM juga menyediakan lebih dari seratus program studi untuk Strata 2 dan Strata 3. Lokasinya sendiri ada di kampus Bulaksumur, Jogjakarta. Sebagian besar dari fakultasnya berada di lingkungan UGM yang terdiri atas beberaap bagian atau jurusan serta program studi. Kegiatan UGM dituangkan dalam suatu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran serta Pengabdian Pada Masyarakat. Pembentukan UGM tak lepas dari penggabungan serta pendirian kembali berbagai balai pendidikan, perguruan tinggi serta sekolah tinggi yang ada di Klaten, Surakarta dan juga Jogjakarta. Nama Gadjah Mada sendiri berasal dari Balai Perguruan Tinggi Gadjah mada yang kala itu terdiri dari Fakultas Kesusasteraan serta Fakultas Hukum.

Enam fakultas pertama yang berada di Universitas Gadjah Mada adalah Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Hewan serta Fakultas Sastra dan Filsafat. Berdirinya UGM tak lepas dari Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949. Rektor pertama dari Universitas Gadjah Mada adalah Prof. Dr. M. Sardjito. Ditetapkan juga Dewan Kurator UGM serta Senat UGM di saat yang sama. Pada waktu itu, Dewan Kurator UGM terdiri dari seorang Ketua Kehormatan yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX serta yang menjadi Ketua ialah Sri Paku Alam VIII. Demikian adalah informasi terkait universities in Indonesia Jogjakarta. Semoga bermanfaat.