Berita 2017 Terupdate

Tumbuh Kembang Bayi

Anak merupakan anugrah terbesar Tuhan kepada pasangan suami dan istri. Memiliki anak merupakan hal yang menyenangkan. Tentunya hal tersebut menjadikan sosok anak sebagai satu – satunya tempat curahan kasih sayang dari ayah dan ibu.

Berkenaan dengan hal tersebut menjadikan berbagai perhatian tertuju pada anak, mulai dari sandang maupun pangan. Keduanya terjamin dengan baiknya. Anak diberikan berbagai makanan yang bergizi dan bernutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak hanya itu, anak pun diberikan berbagai vitamin agar tumbuh kembang anak baik. Pada hakikatnya masa tumbuh kembang bayi dibagi menjadi tiga.

  • Pertama, usia 1 – 4 bulan. Pada masa ini tumbuh kembang diawali dengan berat badan. Biasanya berat badan akan mencapai 700 – 1000 gram per bulan.
  • Kedua, usia 4 – 8 bulan. Pada masa ini pertumbuhan anak ditandai dengan perubahan berat badan ketika lahir. Rata – rata kenaikan berat badan sekitar 500 – 600 gram per bulan.
  • Ketiga, usia 8 – 12 bulan. Pada masa usia ini pertumbuhan berat badan mencapai tiga kali dari berat badan ketika lahir. Pertambahan berat badan perbulan sekitar 350 – 450 gram pada usia 7 – 9 bulan. 250-350 gram pada usia 10-12 bulan. Berbagai perkembangan tersebut akan diperoleh apabila anak memperoleh gizi baik dan nutrisi yang baik dari berbagai makanan yang dikonsumsinya.

Dengan demikian, berbagai makanan yang bergizi dan bernutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Berkenaan dengan hal tersebut menjadikan berbagai perhatian tertuju pada anak, mulai dari sandang maupun pangan. Keduanya terjamin dengan baiknya. Tidak hanya itu, anak pun diberikan berbagai vitamin agar tumbuh kembang anak baik.

Pada hakikatnya masa tumbuh kembang bayi dibagi menjadi tiga. Pertama, usia 1 – 4 bulan. Kedua, usia 4 – 8 bulan. Ketiga, usia 8 – 12 bulan. Berbagai perkembangan tersebut akan diperoleh apabila anak memperoleh gizi baik dan nutrisi yang baik dari berbagai makanan yang dikonsumsinya. Dampaknya, perkembangan dan pertumbuhan anak akan berbanding lurus dengan berbagai makanan yang dikonsumsinya.