Berita 2017 Terupdate

Nutrisi Mempengaruhi Kemampuan Bahasa Anak

Berbicara merupakan salah satu kemampuan yang harus dilatihkan pada setiap anak, hal ini dikarenakan anak yang baru dilahirkan belum memiliki kemampuan tersebut. seorang anak lahir dengan perangkat berbicara yang baik seperti mulut, lidah , dan pita suara yang baik, namun semua perangkat tersebut harus dilatih untuk dapat berbicara secara baik. kemampuan berbicara pada anak akan berkembang seiring dengan berjalannya usia, namun ada beberapa anak yang termasuk anak terlambat bicara, karena kemampuan yang dimilikinya tidak sama dengan kemampuan berbicara anak yang lain di usiannya.

Pada awal kelahirannya seorang anak hanya dapat berkomunikasi dengan tangisan, dan belum dapat menggunakan bahasa verbalnya. Namun seiring dangan bertambahnya usia anak maka kemampuan bicara seorang bayi dapat berkembang. Berikut adalah faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang kemampuan berbicara seorang anak :

  1. Makanan sebagai sumber nutrisi, makanan merupakan salah satu asupan yang diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang tubuh anak anda. Makanan tersebut dapat memberikan nutrisi bagi semua organ tubuh agar berkembang dengan baik. Jika nutrisi yang dibutuhkan oleh tubhnya terepenuhi maka pertumbuhan fisik dan perkembangan organ serta kecerdasan soeorang anak akan berkembang dengan baik.
  2. Stimulasi, Jika anak kurang mendapatakan stimulasi maka dapat dipastikan tumbuh kembangnya akan terhambat dan sebaliknya jika stimulus yang diberikan padanya cukup maka ia kan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Untuk melatih kemampuan verbal anak maka seorang anak membutuhkan stimulus atau rangsangan. Rangsangan tersebut dapat berupa celotehan atau ajakan berbicara seorang ibu. Jika anda seorang ibu pastikan anda harus selalu mengajak buah hati anda untuk selalu berbicara walaupun buah hati anda belum dapat berbicara, hal tersebut dapat menjadikan stimulus bagi kemampuan verbal buah hati anda, sehingga buah hati anda akan terhindar dari kelompok anak terlambat berbicara.
  3. Lingkungan, perkembangan kemampuan berbicara seorang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungannya terutama lingkungan terdekatnya yaitu kedua orang tua. Lingkungan tersebut akan tercermin dari pola asuh dalam keluarga. Jika anak dibesarkan pada lingkungan dengan bahasa yang baik maka ia juga akan memiliki bahasa yang baik pula.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan verbal seorang anak, jika anda memenuhi beberapa hal tersebut diatas maka buah hati anda pasti akan terhindar dari kelompok anak terlambat berbicara.