Berita 2017 Terupdate

Mengelola Air Limbah

Lingkungan terdiri atas dua komponen yaitu komponen biotik dan abiotic. Komponen biotik merupakan segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).  Komponen abiotic diartikan sebagai segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Lingkungan merupakan perpaduan antara kondisi fisik yang meliputi sumber daya alam yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan dengan kelembapan yang meliputi ciptaaan manusia mengenai lingkungan tersebut. Lingkungan menjadi tempat tinggal manusia, sehingga penting untuk dijaga dan dirawat. Lingkungan yang baik untuk ditempat adalah lingkungan sehat yang terbebas dari berbagai kotoran, kuman, dan lain – lain.

Dalam praktiknya, setiap hari manusia membutuhkan air dan menggunakan air untuk berbagai kebutuhannya sehari – hari. Berbagai keperluan tersebut membuat air yang telah digunakan menjadi limbah. Sebagai salah satu hal yang penting yaitu membuat pengelolaan mengenai air limbah tersebut. Berbagai aktivitas membuat manusia hendaknya memikirkan kemana air tersebut akan terbuang. Apabila dibiarkan menggenang di sekitar rumah, tentunya sangat tidak elok dan menimbulkan aroma tak sedap dari air buangan juga menjadi polusi tersendiri serta menjadi sarang penyakit. Dampaknya, usahakan untuk membuat air buangan ke suatu tempat agar tidak menjadi gangguan dalam kehidupan manusia. Berbagai gangguan tersebut tentunya akan membuat manusia tidak nyaman berada di lingkungan tersebut.

Dengan demikian, lingkungan yang baik untuk ditempat adalah lingkungan sehat yang terbebas dari berbagai kotoran, kuman, dan lain – lain. Lingkungan merupakan perpaduan antara kondisi fisik yang meliputi sumber daya alam yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan dengan kelembapan yang meliputi ciptaaan manusia mengenai lingkungan tersebut. Dalam praktiknya, setiap hari manusia membutuhkan air dan menggunakan air untuk berbagai kebutuhannya sehari – hari. Berbagai keperluan tersebut membuat air yang telah digunakan menjadi limbah. Sebagai salah satu hal yang penting yaitu membuat pengelolaan mengenai air limbah tersebut. Berbagai aktivitas membuat manusia hendaknya memikirkan kemana air tersebut akan terbuang.