Berita 2017 Terupdate

Cara Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara

Anak terlambat bicara merupakan salah satu gangguan perkembangan yang paling banyak di temukan. Seorang anak dapat digolongkan terlambat bicara apabila umur anak sudah mencapai 2 hingga 3 tahun tapi juga belum dapat bicara dengan lancar atau hanya bisa mengucapkan beberapa potongan kata saja. Banyak hal yang terjadi pada anak yang terlambat bicara, mulai dari masalah pendengaran, kelainan organik pada perangkat bicara, teterdasi mental, autis, kelainan genetika atau pun kromosom, mutism selektif, keterlambatan fungsional, afasia reseptif dan juga terhadap lingukungan yang di sebut dengan deprivasi lingkungan.

Anak terlambat bicara, dapat dilakukan dengan beberapa langkah untuk menyadari bahwa anak yang terlambat bicara dapat kita atasi sedini mungkin, agar anak dapat cepat berbicara dengan lancar seperti hal nya anak-anak yang lain. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan diantaranya:

  • Menstimulasi Anak Dengan Mengajak Berkomunikasi
    Orang tua sebisa mungkin menstimulasi anak dengan cara mengajaknya berkomunikasi meskipun pada kenyataannya anak belum mampu berbicara dengan baik. Hal ini yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan cara membacakan dongeng atau mengajak bernyanyi.
  • Mengajak Bicara dengan Menunjukkan Benda
    Mengajari anak berbicara dengan cara menunjukkan benda atau melakukan kegiatan sambil mengucapkan nama benda dengan cara pengucapan yang jelas. Usahakan anak untuk melihat gerakan bibir ketika mengucapkan kata-kata benda tersebut. Gunakanlah kata-kata yang benar seperti contoh minum (jangan mengucapkan mimi), susu (jangan mengucapkan cucu). dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan agar stimulus dalam otak anak yang terlambat bicara dapat lebih mengerti arti kata yang diberikan.

Berikat Nutrisi Yang tepat
Belajar bicara merupakan hal dalam sebuah proses pembelajaran yang sangat kompleks, dimana anak harus dapat memahami setiap perkataan dan sekaligus dapat mengatur saraf-saraf motorik yang berhubungan dengan organ bicaranya. Pada anak yang mengalami keterlambatan bicara, sebenarnya memiliki kekurangan nutrisi (selain dari nutrisi ASI) maka pemberian susu adalah hal yang mutlak diberikan, karena nutrisi yang terkandung di dalamnya agar lebih menyempurnakan nutrisi dalam otak. Susu rekomendasi terbaik adalah susu dari dancow. Itulah cara mengatasi anak terlambat bicara