Berita 2017 Terupdate

Obat Diare Balita Yang Aman

Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh balita, penyebabnya pun beragam seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit serta virus, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat-obatan tertentu, hingga keracunan makanan. Diare pada balita tidak boleh disepelekan begitu saja, karena dapat membuat si kecil terkena dehidrasi hingga berujung pada kematian. Maka dari itu, ketika si kecil terkena diare berilah pertolongan pertama dengan memberikan obat anti diare. Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan obat diare tersebut aman bagi si kecil, jangan sekali-kali memberikan obat diare dewasa pada anak anda. Jika anda masih bingung dalam memilih obat diare untuk balita, anda bisa membuat obat diare sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain aman dikonsumsi, obat ini juga terbukti ampuh untuk mengatasi diare pada balita. Berikut beberapa obat diare balita yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Oralit

Seperti yang anda ketahui, oralit merupakan salah satu obat yang paling ampuh untuk mengatasi diare. Banyak sekali produk oralit yang bisa anda beli di apotek, namun untuk memastikan keamanannya anda bisa membuat cairan oralit sendiri dirumah yaitu dengan menggunakan campuran air, garam dan gula pasir. Untuk membuatnya, siapkan 200 ml air hangat, ½ sendok teh garam dan 2 sendok gula pasir. Campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu, dan aduk hingga benar-benar tercampur rata. Saat memberikan obat diare balita ini, pastikan anda memberikannya sesuai takaran. Untuk balita 1 tahun disarankan untuk memberikan setengan gelas oralit saja, sedangkan untuk usia diatas 1 tahun anda bisa memberikan cairan oralit tersebut sebanyak 1 gelas.

Daun kayu putih

Selain dikenal akan minyaknya yang dapat menghangatkan tubuh, daun kayu putih juga ternyata bisa digunakan untuk membuat obat diare balita. Cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan 6-10 gr daun kayu putih beserta 2 gelas air matang. Rebuslah air yang telah disiapkan dan masukan daun kayu putihnya. Tunggu airnya hingga mendidih dan berkurang hingga 1 gelas. Berikanlah obat diare tersebut pada anak anda satu kali sehari hingga diarenya sembuh.

Itulah beberapa obat diare yang aman bagi balita, jika diare belum juga sembuh sebaiknya periksakan anak anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat