Berita 2017 Terupdate

Berbagai Pola Asuh Anak Yang Bisa Diterapkan Oleh Orang Tua

Setiap anak terlahir dengan berbagai kepintaran dan bakat yang berbeda satu sama lain, bahkan anak yang kembar sekalipun pasti ada yang berbeda dalam berbagai halnya. Ada anak yang pintar dalam hal menggambar, ada yang pintar dalam ilmu fisika atau ada juga yang kesukaannya dalam bidang olahraga. Semua itu tentunya harus dipahami oleh orang tua sebagai bakat dari seorang anak. Dalam perkembangan selanjutnya apa yang menjadi bakat anak tersebut bisa berkembang atau tidaknya tergantung juga dari bagaimana pola asuh anak yang diberikan, sehingga untuk hal ini orang tua harus bisa mengetahui berbagai pola asuh yang cocok untuk anaknya.

Oleh karena itu berikut ini kami ulas mengenai berbagai pola asuh anak yang dapat digunakan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

  1. Pola asuh anak yang otoriter. Untuk pola asuh ini dilakukan dengan cara memaksa anak untuk melakukan suatu hal yang diinginkan orang tua saja. Sehingga anak sering mendapatkan paksaan bahkan ancaman jika ia menolak apa yang diperintah orang tuanya.
  2. Pola sauh anak penelantar. Pola asuh ini sering sekali terjadi di kota-kota besar yang keadaan kedua orang tuanya sibuk bekerja. Kesibukan ini membuat anaknya tidak terperhatikan dan jauh dari kasih sayang orang tua.
  3. Pola asuh anak yang demokratis. Dalam pola asuh ini memberikan anak akan kenyamanan dan kehangatan dalam keluarga. Ini karena orang tuanya memprioritaskan akan anak yang menjadi kepentingan utama, sehingga anak tumbuh dengan karakter yang baik dan toleran.
  4. Pola asuh seperti penguasa. Untuk pola asuh ini biasanya akan membuat anak menjadi berontak akan berbagai perintah dari orang tua. Ini karena orang tua cenderung memberikan pemaksaan ataas berbagai keinginannya bahkan menggunakan cara yang keras.
  5. Pola asuh yang penuh kasih. Untuk pola asuh ini merupakan pola asuh yang selalu memberikan berbagai penjelasanyang masuk akal kepada anak jika ia diperintah. Dalam pola asuh ini terjalin komunikasi antara anak dan orang tua berjalan lancar.