Berita 2017 Terupdate

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Usia anak sudah mencapai 6 bulan maka itu sudah siap diberikan asupan makanan yang tambahan selain diberikan ASI. Asupan makanan ini diberikan bukan hanya untuk menambah energi pada anak saja tapi asupan makanan ini untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan pada anak tersebut.

Namun ketika usia anak sudah 2 tahun lebih sering melihat permasalahan khususnya dalam memberikan makanan anak sering kali susah untuk makannya. Sehingga seorang ibu sering merasa kesulitan dalam mengatasi anak yang sulit makan yang tidak bisa di ambil solusi jika anak di paksa untuk makan. Jika sudah seperti itu maka ibu harus mencari cara mengatasi anak susah makan sehingga kembali semangat untuk makan kembali.

Susah makan pada anak memang terjadi oleh beberapa faktor baik itu faktor fisik ataupun faktor psikis. Untuk masalah susah makan yang disebabkan oleh faktor fisik biasanya terjadi dikarenakan organ pencernaan terganggu atau bisa juga terjadi infeksi dalam pada tubuh anak ibu tersebut. sedangkan faktor secara psikis ini biasanya terjadi pada psikologis pada anak yang disebabkan oleh kondisi suasana makan yang kurang menyenangkan atau kondisi ibu dan ayah yang tidak harmonis dan disebabkan oleh yang lainnya.

Jika anda mengetahui ada beberapa faktor yang membuat anak anda susah makan maka anda harus segera mendapatkan cara mengatasi anak susah makan itu bisa dengan beberapa cara diantaranya adalah :

  1. Buatkan variasi makanan yang mungkin bisa anda buat sehingga anda tidak merasa bosan pada menu makanannya dan sajikan dengan menarik agar anak tertarik dengan makanannya.
  2. Coba sajikan makanan yang anda akan berikan dengan porsi yang sedikit.
  3. Jadwalkan makan agar anak terbiasa dengan waktu yang telah ditentukan sehingga makan secara teratur.
  4. berikan anak susu tambahan sesuai dengan usia, susu dancow pilihan tepat karena memiliki nutrisi yang lengkap.
  5. Hindarkan gaya memaksa, mengancam bahkan mengiming – iming dalam mengajak anak agar bisa makan.
  6. Libatkan anak dalam membuat dan menyajikan makanan agar terasa terpancing untuk memakannya.